Takutlah Kamu Kepada Allah

Takutlah Kamu Kepada Allah
Takutlah Kamu Kepada Allah
Jika membaca ghibah terhadap dai Ahlus Sunnah, terlebih yang memiliki kelebihan yang tidak Allah karuniai kepada selainnya dan tidak saya mengenalinya kecuali hamba Allah yang baik, berilmu dan berakhlak...

Jika melihat beliau ditikam, apalagi oleh insan sebarisan, maka ibarat saya pun juga ditikam. Walaupun saya bukan sesiapa. Saya merasakan sakitnya. Walaupun saya bukan sesiapa. Saya tidak ingin menerimanya. Tidak ingin membacanya.

Hendaklah ghill, hiqd, dan makr, disembuhkan. Jika ada dai Ahlus Sunnah melakukan kesalahan, kita semua bersalah. Jika dai tersebut berulang melakukan kesalahan, maka kita ini apa? Alien? Malaikat?

(Baca Juga : 24 Ayat Al-Quran Tentang Bertaubat)

Kullu bani Adam khaththa'.

Bahkan, dengan menghancurkan kehormatannya di hadapan banyak muridnya dan umat, bisa masuk ke seriba-ribanya riba. Boleh jadi nilai takabbur itu ada pada kita, sembari melempar tudingan beliau lah yang takabbur.

Jika ada singgungan bahwa saya tidak paham masalah, maka apakah Anda paham masalah? Yang paling mengerti tentang insan adalah ar-Rahman, kemudian insan itu sendiri, kemudian insan terdekatnya. Dan rupanya kita sama-sama jauh. Mendengar tentangnya melalui perantara demi perantara. Lalu menghakiminya. Maka bersaksilah kini, bahwa kita siap mempertanggungjawabkan ucapan kita di Akhirat. Siap?

Jika Anda katakan, "Siap!" maka di situlah rusaknya hati, takabbur dan merasa aman.
Jika Anda katakan, "Tidak siap!" lalu mengapa kita menulis sesuatu yang kita sendiri khawatir akan menyesalinya kelak?!

Jika Anda diam atau mengalihkan bicara, sambil menuding saya macam-macam, maka jangan mengenyangkan setan. Redupkan penyakit hati. Ittaqillah.

(Baca Juga : 16 Ayat Al-Quran Tentang Jahannam)

Jika nasehat ittaqillah bisa Anda bantah, maka manhaj akhlak dan keagamaan Anda sedang bermasalah.

Ittaqillah.

Tulisan Al-Ustadz Hasan Al-Jaizy, Lc hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=2577616312279738&id=100000941826369


EmoticonEmoticon