6 Ayat Al-Quran Tentang Panah

 

6 Ayat Al-Quran Tentang Panah
6 Ayat Al-Quran Tentang Panah

AlQuranPedia.Org – Memanah adalah salah satu di antara olahraga yang sangat dianjurkan di dalam syari’at Islam, bersamaan juga dengan menembak dan berkuda. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak haditsnya menyebutkan berbagai keutamaan dan pahala bagi mereka yang memanah.

 

Dari Abu Darda' radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda

 

اللهْوُ في ثلاثٍ : تأديبُ فرَسِكَ ، و رمْيُكَ بِقوسِكِ ، و مُلاعَبَتُكَ أهلَكَ

 

Lahwun (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan keluargamu”. (HR. Ishaq bin Ibrahim Al Qurrab dalam Fadhail Ar Ramyi no.13, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al Jami’)

 

(Baca Juga : Hakikat Masjidil Aqsha)


Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

 

ستفتح عليكم أرضون ويكفيكهم الله فلا تعجز أحدكم أن يلهو بسهمه

 

Kelak negeri-negeri akan ditaklukkan untuk kalian, dan Allah mencukupkan itu semua atas kalian, maka janganlah salah seorang diantara kalian merasa malas untuk memainkan panahnya(HR. Muslim 1918)

 

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda

 

مَن رمى العدُوَّ بسَهمٍ فبلغَ سَهمُه العدوَّ أصابَ أو أخطأَ فعدلُ رَقَبةٍ

 

Barangsiapa yang menembak satu panah kepada musuh baik kena atau tidak kena, pahalanya setara dengan memerdekakan budak.(HR. Ibnu Majah 2286, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih Ibni Majah)

 

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda

 

مَن رَمَى بسهْمٍ في سبيلِ اللهِ ؛ كان له نورًا يومَ القيامةِ

 

Barangsiapa yang menembak satu panah dalam jihad fii sabilillah ia mendapat satu cahaya di hari kiamat kelak(HR. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra no.17035, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib 1292)

 

Pada tulisan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang panah. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Maa’idah : 3)

 

(Baca Juga : Berbuat Baiklah Kepada Keluarga)


2

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (Q.S. Al-Maa’idah : 90)

 

3

Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita ghaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa. (Q.S. Ali ‘Imran : 44)

 

4

maka jadilah dia dekat (pada Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat (lagi). (Q.S. An-Najm : 9)

 

5

dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, (Q.S. Al-Jinn : 8)

 

6

dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). (Q.S. Al-Jinn : 9)

 

(Baca Juga : Cara Belajar Fiqih Agama)


Itulah beberapa ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang panah. Semoga tulisan ringkas ini bermanfaat bagi kita semua.

 

Diselesaikan Ba’da Ashar, 1 Muharram 1443 Hijriyah/10 Agustus 2021 Masehi.


EmoticonEmoticon