14 Ayat Al-Quran Tentang Baju

14 Ayat Al-Quran Tentang Baju
14 Ayat Al-Quran Tentang Baju


 

AlQuranPedia.Org – Baju ataupun pakaian apapun yang ada pada kita, itu semua adalah pemberian dan rezeki dari Allah Jalla Wa ‘Alaa. Baju yang kita kenakan hendaklah menjadikan kita semakin bersyukur kepada Allah. Belilah baju-baju yang memang kita perlukan dan butuhkan, bukan untuk gaya-gayaan dan ajang pamer-pameran. Karena semua yang kita miliki termasuk baju-baju di dalam lemari akan dihisab semuanya oleh Allah Ta’ala. Baju pada hakikatnya adalah untuk menutup aurat kita, untuk beribadah kepada Allah, untuk melindungi kita dari panas ataupun karena kebutuhan kegiatan kita sehari-hari. Lihatlah masih banyak saudara-saudara kita yang untuk makan saja susah, apalagi untuk membeli baju yang layak pakai lebih susah lagi.

 

(Baca Juga : 17 Ayat Al-Quran Tentang Hijrah)


Di dalam Al-Quran penyebutan baju disebutkan beberapa kali, seperti berkaitan dengan baju besi untuk perang, baju gamis Nabi Yusuf ‘alaihissalam ataupun baju milik Nabi Musa ‘alaihissalam. Untuk itulah blog Al-Quran Pedia tertarik untuk membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan baju. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya). (Q.S. An-Nahl : 81)

 

2

Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah). (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 80)

 

3

Dan masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, niscaya ia akan ke luar putih (bersinar) bukan karena penyakit. (Kedua mukjizat ini) termasuk sembilan buah mukjizat (yang akan dikemukakan) kepada Fir'aun dan kaumnya. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang fasik." (Q.S. An-Naml : 12)

 

4

(yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Saba’ : 11)

 

5

Mereka datang membawa baju gamisnya (yang berlumuran) dengan darah palsu. Ya'qub berkata: "Sebenarnya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu; maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan." (Q.S. Yusuf : 18)

 

6

Dan keduanya berlomba-lomba menuju pintu dan wanita itu menarik baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak dan kedua-duanya mendapati suami wanita itu di muka pintu. Wanita itu berkata: "Apakah pembalasan terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan isterimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan azab yang pedih?" (Q.S. Yusuf : 25)

 

(Baca Juga : Ghuluw Kepada Syaikh/Ustadz)


7

Yusuf berkata: "Dia menggodaku untuk menundukkan diriku (kepadanya)", dan seorang saksi dari keluarga wanita itu memberikan kesaksiannya: "Jika baju gamisnya koyak di muka, maka wanita itu benar dan Yusuf termasuk orang-orang yang dusta. (Q.S. Yusuf : 26)

 

8

Dan jika baju gamisnya koyak di belakang, maka wanita itulah yang dusta, dan Yusuf termasuk orang-orang yang benar." (Q.S. Yusuf : 27)

 

9

Maka tatkala suami wanita itu melihat baju gamis Yusuf koyak di belakang berkatalah dia: "Sesungguhnya (kejadian) itu adalah diantara tipu daya kamu, sesungguhnya tipu daya kamu adalah besar." (Q.S. Yusuf : 28)

 

10

Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu letakkanlah dia kewajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali; dan bawalah keluargamu semuanya kepadaku." (Q.S. Yusuf : 93)

 

11

Tatkala telah tiba pembawa kabar gembira itu, maka diletakkannya baju gamis itu ke wajah Ya'qub, lalu kembalilah dia dapat melihat. Berkata Ya'qub: "Tidakkah aku katakan kepadamu, bahwa aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya." (Q.S. Yusuf : 96)

 

12

Masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, niscaya ia keluar putih tidak bercacat bukan karena penyakit, dan dekapkanlah kedua tanganmu (ke dada)mu bila ketakutan, maka yang demikian itu adalah dua mukjizat dari Tuhanmu (yang akan kamu hadapkan kepada Fir'aun dan pembesar-pembesarnya). Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang fasik." (Q.S. Al-Qashash : 32)

 

13

Dan ia menarik tangannya (dari dalam bajunya), maka tiba-tiba tangan itu jadi putih (bersinar) bagi orang-orang yang melihatnya. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 33)

 

14

Dan sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (kepada iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (ke mukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat. (Q.S. Nuh : 7)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan dan menjelaskan tentang baju. Semoga tulisan ringkas ini menambah sedikit khazanah pengetahuan kita tentang isi kandungan Al-Quranul Karim.

 

(Baca Juga : 22 Ayat Al-Quran Tentang Petunjuk)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada 2 Muharram 1443 Hijriyah/11 Agustus 2021 Masehi.


EmoticonEmoticon