6 Ayat Al-Quran Tentang Jual Beli

6 Ayat Al-Quran Tentang Jual Beli
6 Ayat Al-Quran Tentang Jual Beli


AlQuranPedia.Org – Transaksi jual beli sudah mendarah daging di tengah-tengah kaum muslimin. Dengannya banyak nafkah yang harus dipenuhi dan dengannya pula Allah Subhanahu Wa Ta’ala meletakkan rezeki bagi sebagian hamba-hamba-Nya. Perkara jual beli ini sangatlah penting sampai-sampai para ulama kita membahasnya dalam bahasan fiqih tersendiri, termasuk adab jual beli, jual beli syar’i dan segala hal yang berkaitan dengan jual beli. Sebagai seorang muslim yang berkelut di bidang bisnis jual beli maka wajib baginya mempelajari hukum-hukum yang berkaitan dengannya. Hal itu dimaksudkan agar jual beli yang kita lakukan mendapatkan keberkahan dari Allah Ta’ala dan dapat bernilai pahala di sisi Allah Jalla Jalaluh.

 

(Baca Juga : Jadilah Orangtu yang Sukses)


Pada tulisan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang jual beli.

 

1

Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-Baqarah : 254)

 

2

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (Q.S. Al-Baqarah : 275)

 

(Baca Juga : Keutamaan Ahli Quran)


3

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. (Q.S. At-Taubah : 111)

 

4

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: "Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan. (Q.S. Ibrahim : 31)

 

5

laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (Q.S. An-Nuur : 37)

 

6

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Q.S. Al-Jumu’ah : 9)

 

(Baca Juga : Apakah Imam Faham Manhaj?)


Itulah beberapa ayat Al-Quranul Karim yang menyinggung masalah jual beli. Semoga bahasan singkat ini bermanfaat bagi kita semua.

 

Diselesaikan pada 29 Dzulqa’dah 1442 Hijriyah/8 Agustus 2021 Masehi.


EmoticonEmoticon