4 Ayat Al-Quran Tentang Angka Sembilan

4 Ayat Al-Quran Tentang Angka Sembilan
4 Ayat Al-Quran Tentang Angka Sembilan

AlQuranPedia.Org – Angka sembilan disebutkan sebanyak empat kali di dalam Al-Quran. Satu di surat Al-Israa’ (surat Bani Israil), satu di surat Al-Kahfi, dan dua ayat di dalam surat An-Naml. Pada surat Al-Israa’ ayat 101 disebutkan bahwa Kalamullah Musa ‘alaihissalam diberikan Allah sembilan buah mukjizat, di mana mukjizat-mukjizat ini disebutkan pada berbagai ayat di Al-Quran. Adapun kesembilan mukjizat itu adalah tongkat yang berubah menjadi ular, tangan yang mana ketika dimasukkan ke dalam leher baju mengeluarkan cahaya putih bersinar, taufan, belalang, kutu, katak, laut yang terbelah, dan bukit Tsur.

 

(Baca Juga : 29 Ayat Al-Quran Tentang Keputusan)


Pada surat Al-Kahfi ayat 25 disebutkan bahwa pemuda penghuni Al-Kahfi (Ashabul Kahfi) ditidurkan Allah Tabaraka Wa Ta’ala selama tiga ratus ditambah dengan sembilan tahun, sehingga menjadi 309 tahun. Adapun perhitungannya adalah dengan perhitungan qomariyah, bukan dengan syamsiyah. Mereka adalah para pemuda sholih, bertaqwa dan beriman kepada Allah yang lari menyembunyikan diri dari penguasa yang zhalim. Kisah mereka diabadikan Allah Ta’ala dalam satu surat khusus yakni Surat Al-Kahfi dari ayat 9 sampai 26. Di antara keistimewaan ini adalah disunnahkan membaca Surat Al-Kahfi pada malam dan hari Jum’at.

 

Pada surat An-Naml ayat 12 disebutkan mengenai salah satu mukjizat Nabiyullah Musa ‘alaihissalam yakni ketika dimasukkan tangan ke dalam leher bajunya maka akan keluar cahaya bersinar. Adapun mukjizat lainnya telah disebutkan pada awal tulisan ini. Nabi Musa ‘alaihissalam diberikan berbagai mukjizat untuk membenarkan risalah yang dibawanya. Beliau diutus bersama dengan saudara beliau yakni Nabiyullah Harun ‘alaihissalam. Beliau berdua diutus kepada Fir’aun, Haman dan Qarun. Ketiganya adalah orang zhalim dan sombong di muka bumi. Ketiganya diazab Allah di dalam neraka dan kekal di dalamnya.

 

Pada surat An-Naml ayat 48 masih berkaitan dengan kisah dakwah Nabi Sholih kepada kaumnya yakni Kaum Tsamud. Disebutkan bahwa di kota tersebut terdapat sembilan laki-laki yang berbuat kerusakaan. Imam Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitab tafsirnya menyebutkan bahwa di kota kaum Tsamud tersebut terdapat sembilan orang yang mewakili kaum Tsamud, semuanya adalah pemimpin dan pembesar kaum Tsamud. Sebagian ahli tafsir menyebutkan bahwa kota yang dimaksud adalah kota Al-Hijr. Adapun mengenai sembilan orang laki-laki itu sebagaimana disebutkan Imam Ibnu Katsir bahwa As-Saddi meriwayatkan dari Abu Malik, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa kesembilan orang itu adalah Da’ma, Da’im, Harma, Harim, Da-ab, Sawab, Riyab, Mista’ dan Qaddar ibnu Salif, penyembelih unta. Dialah yang menyembelih unta Nabi Sholih dengan tangannya sendiri, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah, “Maka mereka memanggil kawannya, lalu kawannya menangkap (unta itu) dan membunuhnya.” (Q.S. Al-Qamar : 29)

 

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang angka sembilan. Simak selengkapnya di bawaah ini.

 

1

Dan sesungguhnya Kami telah memberikan kepada Musa sembilan buah mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Bani Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir'aun berkata kepadanya: "Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, seorang yang kena sihir." (Q.S. Al-Israa’ : 101)

 

2

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi). (Q.S. Al-Kahfi : 25)

 

(Baca Juga : 26 Ayat Al-Quran Tentang Turun)


3

Dan masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, niscaya ia akan ke luar putih (bersinar) bukan karena penyakit. (Kedua mukjizat ini) termasuk sembilan buah mukjizat (yang akan dikemukakan) kepada Fir'aun dan kaumnya. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang fasik." (Q.S. An-Naml : 12)

 

4

Dan adalah di kota itu sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan. (Q.S. An-Naml : 48)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membahas mengenai angka sembilan. Semoga pembahasan singkat ini menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai kandungan Al-Quranul Karim.

 

(Baca Juga : Apakah Perkataan Sahabat Itu Dalil?)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada 23 Jumadil Awal 1444 Hijriyah/17 Desember 2022 Masehi.


EmoticonEmoticon