6 Ayat Al-Quran Tentang Angka Delapan

6 Ayat Al-Quran Tentang Angka Delapan
6 Ayat Al-Quran Tentang Angka Delapan

AlQuranPedia.Org – Angka delapan adalah salah satu angka yang disebutkan di dalam Al-Quranul Karim. Sebagian bahasannya adalah mengenai tsamaniyata azwaj (istilah yang terdapat pada Surat Az-Zumar ayat 6). Berdasarkan tafsir Ibnu Katsir bahwa istilah tersebut dimaksudkan untuk 8 binatang ternak yang disebutkan di dalam Surat Al-An’aam ayat 143-144 yaitu sepasang domba, sepasang kambing, sepasang unta dan sepasang lembu. Sebagian bahasan adalah mengenai jumlah Ashabul Kahfi yakni terdiri dari 7 orang dan 1 anjingnya sehingga menjadi 8. Sebagian ayat lain mengisahkan tentang azab Kaum ‘Aad yang diazab dengan angin yang sangat kencang dan sangat dingin selama 7 malam dan 8 hari. Sebagian bahasan lagi adalah mengenai malaikat pemikul ‘Arsy yang mana pada hari Kiamat ditambah jumlahnya, sebelumnya 4 malaikat kemudian pada hari Kiamat ditambah menjadi 8 malaikat.

 

(Baca Juga : Mandi Wajib Sudah Mencukup Wudhu)


Pada tulisan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai ayat-ayat Al-Quranul Karim yang menyebutkan mengenai angka delapan. Simak lebih jelasnya ayat-ayat di bawah ini.

 

1

(yaitu) delapan binatang yang berpasangan, sepasang domba, sepasang dari kambing. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan Allah ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya?" Terangkanlah kepadaku dengan berdasar pengetahuan jika kamu memang orang-orang yang benar, dan sepasang dari unta dan sepasang dari lembu. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya? Apakah kamu menyaksikan di waktu Allah menetapkan ini bagimu? Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan ?" Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (Q.S. Al-An’aam : 143-144)

 

2

Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjingnya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya." Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit." Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka. (Q.S. Al-Kahfi : 22)

 

3

Berkatalah dia (Syu'aib): "Sesungguhnya aku bermaksud menikahkan kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun dan jika kamu cukupkan sepuluh tahun maka itu adalah (suatu kebaikan) dari kamu, maka aku tidak hendak memberati kamu. Dan kamu Insya Allah akan mendapatiku termasuk orang- orang yang baik." (Q.S. Al-Qashash : 27)

 

(Baca Juga : 24 Ayat Al-Quran Tentang Nabi)


4

Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan? (Q.S. Sz-Zumar : 6)

 

5

Adapun kaum 'Aad maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin lagi amat kencang, yang Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus menerus; maka kamu lihat kaum 'Aad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk). (Q.S. Al-Haaqqah : 6-7)

 

6

Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka. (Q.S. Al-Haaqqah : 17)

 

Itulah bahasan singkat kita mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang angka delapan. Semoga bahasan singkat ini menambah khazanah ilmu pengetahuan kita seputar isi kandungan Al-Quran.

 

(Baca Juga : 26 Ayat Al-Quran Tentang Wahyu)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada 18 Jumadil Awal 1444 Hijriyah/12 Desember 2022 Masehi.


EmoticonEmoticon