4 Ayat Al-Quran Tentang Angka Lima

4 Ayat Al-Quran Tentang Angka Lima
4 Ayat Al-Quran Tentang Angka Lima

AlQuranPedia.Org – Angka 5 disebutkan sebanyak empat kali di dalam Al-Quranul Karim. Ada sekali penyebutan di dalam Surat Al-Kahfi. Dua kali penyebutan pada surat An-Nuur. Kemudian ada sekali lagi penyebutan di Surat Al-Mujaadilah. Pada Surat Al-Kahfi ayat 22 disebutkan bahwa orang-orang akan mengatakan tentang jumlah pemuda Ashabul Kahfi. Ada yang menyebutkan mereka berjumlah 3 orang dan yang ke-4 nya adalah anjingnya. Ada juga yang menyebutkan mereka berjumlah 5 orang dan yang ke-6 nya adalah anjingnya. Dan ada juga yang mengatakan mereka berjumlah 7 orang dan yang ke-8 adalah anjingnya. Adapun yang shahih jumlah mereka adalah 7 orang dan yang ke-8 adalah anjing mereka sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

 

(Baca Juga : Sudut Pandang yang Berbeda)


Pada Surat An-Nuur ayat 7 dan ayat 9 itu berkaitan seluruhnya dimulai dari ayat 6 sampai ayat 10. Imam Ibnu Katsir rahimahullah ketika menjelaskan ayat-ayat ini menyebutkan bahwa pada ayat-ayat tersebut berisi jalan keluar bagi para suami dan hukum yang mempermudah penyelesaian masalah apabila seseorang dari mereka menuduh istrinya berzina sementara dia sulit menegakkan pembuktiannya. Solusinya yaitu menegakkan li’an terhadap istrinya, yaitu menghadapkan istrinya kepada hakim, lalu dia melancarkan tuduhannya terhadap istrinya di hadapan hakim. Maka imam akan menyumpahnya sebanyak empat kali dengan nama Allah sebagai ganti dari empat orang saksi yang diperlukannya, bahwa sesungguhnya dia benar dalam tuduhan yang dilancarkannya terhadap istrinya.

 

Jika si suami telah menyatakan sumpah li’an tersebut, maka istri yang dituduhnya berbuat zina tersebut secara otomatis terceraikan secara ba’in sebagaimana pandangan Imam Syafi’i dan banyak ‘ulama lainnya. Kemudian bekas istrinya tersebut haram baginya untuk selama-lamanya dan si suami melunasi mahar istrinya, sedangkan bekas istrinya itu dikenai hukuman zina. Tidak ada jalan bagi si istri untuk menghindarkan hukuman yang akan menimpa dirinya kecuali jika istri tersebut mau mengucapkan sumpah li’an lagi. Maka dia harus mengucapkan sumpah sebanyak empat kali dengan nama Allah bahwa sesungguhnya suaminya itu termasuk orang-orang yang berdusta dalam tuduhan yang suaminya lancarkan terhadap dirinya.

 

Pada Surat Al-Mujaadilah ayat 7 disebutkan bahwa Allah Ta’ala mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Sehingga apabila ada orang yang berbisik-bisik dalam perbincangan maka Allah adalah Dzat yang bersama mereka secara ilmu-Nya. Misalnya bila ada dua orang berbincang-bincang maka Allah-lah yang ketiganya. Maknanya Allah Ta’ala melihat perbuatan mereka, menyaksikan apa yang mereka perbuat dan mendengar apa saja yang mereka bincangkan. Begitu pula bila yang berbincang 3 orang, 4 orang, lebih banyak ataupun lebih sedikit daripada itu.

 

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan menyebutkan mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membahas tentang angka lima. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya." Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit." Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka. (Q.S. Al-Kahfi : 22)

 

(Baca Juga : 9 Cara Tawassul yang Syar'i)


2

Dan (sumpah) yang kelima: bahwa la'nat Allah atasnya, jika dia termasuk orang-orang yang berdusta. (Q.S. An-Nuur : 7)

 

3

dan (sumpah) yang kelima: bahwa laknat Allah atasnya jika suaminya itu termasuk orang-orang yang benar. (Q.S. An-Nuur : 9)

 

4

Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu. (Q.S. Al-Mujaadilah : 7)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang angka lima. Semoga pembahasan ringkas nan singkat ini menambah sedikit khazanah pengetahuan kita semua terhadap Al-Quranul Karim.

 

(Baca Juga : Menghadap Kiblat)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada 23 Jumadil Awal 1444 Hijriyah/17 Desember 2022 Masehi.


EmoticonEmoticon