7 Ayat Al-Quran Tentang Millah Ibrahim

7 Ayat Al-Quran Tentang Millah Ibrahim
7 Ayat Al-Quran Tentang Millah Ibrahim

AlQuranPedia.Org – Ketika kita membaca Al-Quranul Karim maka kita akan mendapati beberapa kali penyebutan tentang “Millah Ibrahim” yang diterjemahkan sebagai agama Ibrahim. Apa sebenarnya Millah Ibrahim ini? Asy-Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah menjelaskan dalam Kitab beliau Taisirul Kariimir Rahman fii Tafsiiri Kalamil Mannan menyebutkan, “Millah Ibrahim/Agama Ibrahim yang lurus, yakni menuju kepada Allah dan berpaling dari selain-Nya, mendirikan tauhid, menjauhi segala bentuk kesyirikan dan tandingan. Inilah perkara yang jika diikuti adalah sebuah petunjuk/hidayah dan ketika berpaling dari agamanya merupakan bentuk kekufuran dan kesesatan.”

 

(Baca Juga : 25 Ayat Al-Quran Tentang Pertolongan)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Millah Ibrahim. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. (Q.S. Al-Baqarah : 130)

 

2

Dan mereka berkata: "Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk". Katakanlah : "Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik". (Q.S. Al-Baqarah : 135)

 

3

Katakanlah: "Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang musyrik." (Q.S. Al-An’aam : 161)

 

(Baca Juga : Apakah Bulu Kucing Najis?)


4

Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik- baik Penolong. (Q.S. Al-Hajj : 78)

 

5

Katakanlah: "Benarlah (apa yang difirmankan) Allah." Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik. (Q.S. Ali ‘Imran : 95)

 

6

Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya. (Q.S. An-Nisaa’ : 125)

 

7

Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan. (Q.S. An-Nahl : 123)

 

(Baca Juga : 15 Ayat Al-Quran Tentang Sedekah)


Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan tentang Millah Ibrahim. Semoga penjelasan singkat kita ini bermanfaat.

 

Diselesaikan pada Malam Jum’at, 8 Rabi’ul Akhir 1444 Hijriyah/3 November 2022 Masehi.


EmoticonEmoticon