12 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Isma’il

12 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Isma’il
 12 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Isma’il

AlQuranPedia.Org – Nabi Isma’il adalah kakek buyut dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi Isma’il merupakan seorang anak yang shalih dari seorang bapak yang shalih yakni Ibrahim ‘alaihimassalaam. Nabi Isma’il lahir dari ibunda Hajar ‘alaihassalaam. Kelahiran Nabi Isma’il telah dinanti-nanti puluhan tahun oleh Nabi Ibrahim. Betapa bahagianya sang anak lahir setelah penantian panjang nan henti. Tapi setelah menginjak usia remaja, anak yang begitu dicintainya ini dimimpikan agar disembelih. Sang Bapak tahu bahwa itu adalah ilham ilahi dan bukan sekedar mimpi kosong belaka. Sang Bapak mendiskusikan hal tersebut kepada sang anak. Jawaban anak yang shalih, yang taat kepada Allah lagi taat kepada orangtuanya ini sangat tegas dan jelas, “Wahai Ayahandaku, laksanakanlah apa yang Allah perintahkan. Engkau akan dapati aku sebagai orang yang sabar.” Maka sebagai balasan bagi kedua orang yang shalih lagi sabar ini adalah Allah ganti Isma’il dengan seekor kambing. “Wahai Ibrahim, engkau telah membenarkan mimpimu” wahyu Allah kepada Ibrahim ‘alaihissalaam. Ujian berat yang tidak sembarang orang bisa melewati ujian sebesar ini. Karenanya Allah menyebutkan

 

اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْبَلٰۤؤُا الْمُبِيْنُ

 

Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 106)

 

Kisah penyembelihan Nabi Isma’il secara lengkap bisa dilihat pada Surat Ash-Shaffaat. Penyebutan Nabi Isma’il di dalam Al-Quran terdapat pada 12 ayat. Ada kisah Nabi Isma’il dan Nabi Ibrahim membangun pondasi Ka’bah. Penyebutan lainnya menyebutkan bahwa Nabi Isma’il adalah seorang Nabi dan Rasul, memerintahkan keluarganya agar mendirikan sholat dan menunaikan zakat serta termasuk orang yang diridhoi Allah. Selebihnya penyebutan Nabi Isma’il bersamaan dengan penyebutan para Nabi dan Rasul lainnya di mana ini menunjukkan kedudukan tinggi Nabi Isma’il di sisi Allah.

 

(Baca Juga : Bangkai Jahiliyyah)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Nabi Isma’il ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya berikut ini.

 

1

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud". (Q.S. Al-Baqarah : 125)

 

2

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): "Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (Q.S. Al-Baqarah : 127)

 

3

Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Q.S. Al-Baqarah : 133)

 

4

Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Q.S. Al-Baqarah : 136)

 

5

ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?" Katakanlah: "Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?" Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Baqarah : 140)

 

6

Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri." (Q.S. Ali ‘Imran : 84)

 

(Baca Juga : Jadilah Muslim yang Produktif)


7

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Q.S. An-Nisaa’ : 163)

 

8

dan Ismail, Alyasa', Yunus dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan derajatnya di atas umat (di masanya), (Q.S. Al-An’aam : 86)

 

9

Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua (ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa. (Q.S. Ibrahim : 39)

 

10

Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang rasul dan nabi. (Q.S. Maryam : 54)

 

11

Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 85)

 

12

Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik. (Q.S. Shaad : 48)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan tentang Nabiyullah Isma’il ‘alaihissalaam. Semoga pembahasan ringkas ini menambah wawasan dan ilmu kita semuanya.

 

(Baca Juga : 26 Ayat Al-Quran Tentang Tahun)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada sore hari 8 Ramadhan 1444 Hijriyah/30 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon