16 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ishaq

16 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ishaq
16 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ishaq

AlQuranPedia.Org – Nabi Ishaq adalah putra kedua dari Nabi Ibrahim setelah Nabi Isma’il ‘alaihimussalaam. Dari Nabi Ishaq inilah lahir Ya’qub alias Israil ‘alaihimussalaam. Dan dari keturunan Ya’qub inilah Bani Israil berkelanjutan. Kelahiran Nabi Ishaq tentu saja sesuatu yang menakjubkan mengingat ketika itu orangtua Nabi Ishaq yakni Sarah dan Khalilullah Ibrahim sudah sangat tua. Kabar akan lahirnya Ishaq ini disampaikan oleh para tamu yakni para malaikat yang diutus kepada Nabi Ibrahim ‘alaihissalaam bersamaan dengan kabar bahwa para malaikat tersebut diutus kepada kaum Luth. Bahkan para malaikat tersebut menyampaikan bahwa dari dari Ishaq nanti akan lahir Ya’qub.

 

فَبَشَّرْنٰهَا بِاِسْحٰقَۙ وَمِنْ وَّرَاۤءِ اِسْحٰقَ يَعْقُوْبَ

 

Kemudian, Kami sampaikan kepadanya kabar gembira tentang (kelahiran) Ishaq dan setelah Ishaq (akan lahir) Ya‘qub (putra Ishaq). (Q.S. Huud : 71)

 

Meskipun Siti Sarah heran dengan berita tersebut akan tetapi para malaikat meyakinkan bahwa itu adalah ketetapan Allah sebagai rahmat dan keberkahan dari-Nya untuk ahli bait Nabi Ibrahim ‘alaihimussalaam.

 

Nabi Ishaq ‘alahissalaam disebut sebanyak 17 kali di dalam Al-Quran dalam 16 ayat Al-Quran yang berbeda. Penyebutan Nabi Ishaq kebanyakan disebutkan bersamaan dengan penyebutan para nabi dan rasul yang lainnya. Ini menunjukkan keutamaan dan ketinggian derajat dari Nabi Ishaq ‘alaihissalaam.

 

(Baca Juga : 9 Ayat Al-Quran Tentang Umur)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membicarakan tentang Nabi Ishaq ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Adakah kamu hadir ketika Ya'qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" Mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Q.S. Al-Baqarah : 133)

 

2

Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Q.S. Al-Baqarah : 136)

 

3

ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?" Katakanlah: "Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?" Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Baqarah : 140)

 

4

Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri." (Q.S. Ali ‘Imran : 84)

 

5

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Q.S. An-Nisaa’ : 163)

 

6

Dan Kami telah menganugerahkan Ishaq dan Ya’qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-An’aam : 84)

 

7

Dan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishaq dan dari Ishaq (akan lahir puteranya) Ya'qub. (Q.S. Huud : 71)

 

8

Dan demikianlah Tuhanmu, memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta'bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya'qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada dua orang bapakmu sebelum itu, (yaitu) Ibrahim dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S. Yusuf : 6)

 

(Baca Juga : 20 Ayat Al-Quran Tentang Dada)


9

Dan aku pengikut agama bapak-bapakku yaitu Ibrahim, Ishaq dan Ya'qub. Tiadalah patut bagi kami (para Nabi) mempersekutukan sesuatu apapun dengan Allah. Yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami dan kepada manusia (seluruhnya); tetapi kebanyakan manusia tidak mensyukuri (Nya). (Q.S. Yusuf : 38)

 

10

Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua (ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa. (Q.S. Ibrahim : 39)

 

11

Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishaq, dan Ya'qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi. (Q.S. Maryam : 49)

 

12

Dan Kami telah memberikan kepadanya (Ibrahim) lshaq dan Ya'qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 72)

 

13

Dan Kami anugrahkan kepda Ibrahim, Ishaq dan Ya'qub, dan Kami jadikan kenabian dan Al Kitab pada keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh. (Q.S. Al-‘Ankabuut : 27)

 

14

Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 112)

 

15

Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq. Dan diantara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang Zalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 113)

 

16

Dan ingatlah hamba-hamba Kami: Ibrahim, Ishaq dan Ya'qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi. (Q.S. Shaad : 45)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membicarakan tentang Nabi Ishaq ‘alaihissalaam. Semoga tulisan ini menambah wawasan kita seputar kisah para nabi dan isi kandungan Al-Quranul Karim.

 

(Baca Juga : 21 Ayat Al-Quran Tentang Banyak)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada malam hari 9 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon