2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Dzulkifli

2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Dzulkifli
2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Dzulkifli

AlQuranPedia.Org – Allah Tabaraka Wa Ta’ala menyebut Nabiyullah Dzulkifli ‘alaihissalaam hanya 2 kali di dalam Al-Quran, yaitu pada Surat Al-Anbiyaa’ ayat 85 dan Surat Shad ayat 48. Di dalam Surat Al-Anbiyaa’ disebutkan bahwa Nabi Isma’il, Nabi Idris, dan Nabi Dzulkifli adalah orang-orang yang sabar. Sementara di dalam Surat Shad disebutkan bahwa Nabi Isma’il, Nabi Ilyasa’ dan Nabi Dzulkifli adalah termasuk orang-orang yang paling baik.

 

(Baca Juga : 13 Ayat Al-Quran Tentang Kikir)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membahas tentang Nabi Dzulkifli ‘alaihissalaam. Simak lebih jelasnya di bawah ini.

 

1

وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِدْرِيْسَ وَذَا الْكِفْلِۗ كُلٌّ مِّنَ الصّٰبِرِيْنَ ۙ

Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 85)

 

Dalam Tafsir Hidayatul Insan bi Tafsiril Quran karya Ustadz Marwan Hadidi bin Musa M.Pd.I hafizhahullaahu menyebutkan bahwa dinamakan Dzulkifli (yang siap menanggung) karena kesiapannya berpuasa di siang hari dan qiyamul lail di malamnya, serta siap memutuskan perkara di tengah-tengah manusia dan tidak marah. Beliau mampu melaksanakan semua itu. Ada yang berpendapat bahwa beliau bukanlah seorang nabi, tetapi sebagai laki-laki yang shalih, raja dan hakim yang adil. Wallahu a’lam.

 

(Baca Juga : Puasa Level Tinggi)


2

وَاذْكُرْ اِسْمٰعِيْلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ ۗوَكُلٌّ مِّنَ الْاَخْيَارِۗ

Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Dzulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik. (Q.S. Shaad : 48)

 

Dalam Tafsir Al-Wajiz karya Syaikh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili menyebutkan, “Dan ingatlah, bahwa Isma’il bin Ibrahim yang menjadi nenek moyang Arab, Ilyasa’ bin Akhthub dan Dzulkifli bin ‘Am Ilyasa’, mereka adalah para nabi dari golongan Bani Israil, mereka adalah pilihan dan Allah memilih mereka karena mereka banyak menanggung beban dalam berdakwah di jalan Allah.”

 

Lafal Al-Akhyar adalah bentuk jamak dari Khayyirun, artinya orang yang paling baik.

 

Itulah berbagai ayat Al-Quranul Karim yang membicarakan dan menyebutkan tentang Nabi Dzulkifli ‘alaihissalaam. Semoga pembahasan singkat kita pada tulisan ini dapat membuka sedikit wawasan dan pengetahuan kita seputar isi kandungan Al-Quran dan juga wawasan kita tentang para nabi Allah.

 

(Baca Juga : Mereka Semua Ulama Kaum Muslimin)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada malam 10 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon