20 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Harun

20 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Harun
20 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Harun


AlQuranPedia.Org – Nabi Harun adalah saudaranya Nabi Musa ‘alaihimassalaam. Beliau berdua diutus kepada Fir’aun dan Bani Israil. Diutusnya Nabi Harun adalah setelah permintaan Nabi Musa ‘alaihissalaam karena Nabi Musa kesulitan dalam lisannya sementara Nabi Harun adalah seseorang yang lebih fasih lisannya sehingga akan membantu keduanya dalam berdakwah kepada kaum mereka. Tidak heran bila penyebutan Harun di Al-Quran hampir seluruhnya beriringan dengan kisah dan penyebutan Nabi Musa di dalamnya. Maka dari itu Al-Quran menyebut Harun itu sebagai Wazir Nabi Musa yang membantu Nabi Musa dalam mengemban misi dakwah yang mulia itu.

 

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا مُوْسَى الْكِتٰبَ وَجَعَلْنَا مَعَهٗٓ اَخَاهُ هٰرُوْنَ وَزِيْرًا ۚ

 

Sungguh, Kami telah menganugerahkan Kitab (Taurat) kepada Musa dan menjadikan Harun saudaranya untuk menyertai dia sebagai wazir (pembantu). (Q.S. Al-Furqaan : 35)

 

Penyebutan Nabi Harun di dalam Al-Quran terdapat sebanyak 20 kali, akan tetapi 1 di antaranya sebagian ulama menjelaskan bahwa yang dimaksud bukanlah Nabi Harun, yaitu pada surat Maryam ayat 28 ketika masyarakat di sekitar Maryam mencerca Maryam ‘alaihassalaam.

 

Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina", (Q.S. Maryam : 28)

 

Karena mustahil Nabi Harun hidup pada zaman itu sementara keduanya terpaut jarak yang jauh. Jadi mereka memaksudkan disebut Saudara Harun yaitu dinisbatkan kepada seorang yang shalih yang ada di kaumnya yang bernama Harun. Sebagian ulama lain menyebutkan Maryam disebut Saudara Harun karena merupakan keturunan Nabi Harun ‘alaihissalaam.

 

Sebagian ulama lain menjelaskan bahwa maksudnya “Hai saudara perempuan Harun” adalah “Hai wanita yang menyerupai Harun dalam ibadahnya”, sebagaimana termaktub dalam Tafsir Al-Mukhtashaf Markaz Tafsir Riyadh. Sependapat dengan hal itu Syaikh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili menyebutkan dalam Tafsir Al-Wajiz nya, “Hai saudara perempuan Harun dalam hal menjaga diri dan ketaatan dalam ibadah. Dia adalah orang shalih dari Bani Israil. Seorang Nabi dan juga saudara Musa ‘alaihimassalaam yang terkenal dengan ketenangan dan kebaikan.” Pendapat inilah yang terkuat.

 

Karena hal ini senada dengan jawaban Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya oleh Mughirah bin Syu’bah radhiyallaahu ‘anhu, Rasulullah menjawab, “Kebiasaan mereka pada waktu iitu menyebut nama seseorang dengan menisbatkan kepada para nabi atau orang-orang shalih sebelum mereka.” [HR. Muslim no. 2135]

 

(Baca Juga : 11 Ayat Al-Quran Tentang Surga 'Adn)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Nabi Harun ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: "Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman. (Q.S. Al-Baqarah : 248)

 

2

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma'il, Ishak, Ya'qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (Q.S. An-Nisaa’ : 163)

 

3

Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yaqub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. (Q.S. Al-An’aam : 84)

 

4

"(yaitu) Tuhan Musa dan Harun." (Q.S. Al-A’raaf : 122)

 

5

Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: "Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan." (Q.S. Al-A’raaf : 142)

 

6

Kemudian sesudah rasul-rasul itu, Kami utus Musa dan Harun kepada Fir'aun dan pemuka-pemuka kaumnya, dengan (membawa) tanda-tanda (mukjizat-mukjizat) Kami, maka mereka menyombongkan diri dan mereka adalah orang-orang yang berdosa. (Q.S. Yunus : 75)

 

7

Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina", (Q.S. Maryam : 28)

 

8

Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi. (Q.S. Maryam : 53)

 

9

(yaitu) Harun, saudaraku, (Q.S. Thaahaa : 30)

 

10

Lalu tukang-tukang sihir itu tersungkur dengan bersujud, seraya berkata: "Kami telah percaya kepada Tuhan Harun dan Musa." (Q.S. Thaahaa : 70)

 

(Baca Juga : 7 Ayat Al-Quran Tentang Sutera)


11

Dan sesungguhnya Harun telah berkata kepada mereka sebelumnya: "Hai kaumku, sesungguhnya kamu hanya diberi cobaan dengan anak lembu. itu dan sesungguhnya Tuhanmu ialah (Tuhan) Yang Maha Pemurah, maka ikutilah aku dan taatilah perintahku." (Q.S. Thaahaa : 90)

 

12

Berkata Musa: "Hai Harun, apa yang menghalangi kamu ketika kamu melihat mereka telah sesat, (Q.S. Thaahaa : 92)

 

13

Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa dan Harun Kitab Taurat dan penerangan serta pengajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 48)

 

14

Kemudian Kami utus Musa dan saudaranya Harun dengan membawa tanda-tanda (Kebesaran) Kami, dan bukti yang nyata, (Q.S. Al-Mu’minuun : 45)

 

15

Dan sesungguhnya kami telah memberikan Al-Kitab (Taurat) kepada Musa dan Kami telah menjadikan Harun saudaranya, menyertai dia sebagai wazir (pembantu). (Q.S. Al-Furqaan : 35)

 

16

Dan (karenanya) sempitlah dadaku dan tidak lancar lidahku maka utuslah (Jibril) kepada Harun. (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 13)

 

17

(yaitu) Tuhan Musa dan Harun." (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 48)

 

18

Dan saudaraku Harun dia lebih fasih lidahnya daripadaku, maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantuku untuk membenarkan (perkata- an)ku; sesungguhnya aku khawatir mereka akan mendustakanku." (Q.S. Al-Qashash : 34)

 

19

Dan sesungguhnya Kami telah melimpahkan nikmat atas Musa dan Harun. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 114)

 

20

(yaitu): "Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun." (Q.S. Ash-Shaaffaat : 120)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Nabi Harun ‘alaihissalaam. Semoga pembahasan pada tulisan ini menambah ilmu pengetahuan kita mengenai kisah para nabi dan rasul.

 

(Baca Juga : Hukum Bercanda "Prank")


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada malam hari 9 Ramadhan 1444 Hijriyah/30 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon