5 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Yahya

5 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Yahya
5 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Yahya

AlQuranPedia.Org – Nabi Yahya ‘alaihissalaam adalah putra dari Nabi Zakariyya ‘alaihissalaam. Secara garis keturunan Yahya merupakan sepupu dari Maryam ‘alaihissalaam dan paman dari Nabi ‘Isa ‘alaihissalaam. Hal itu dikarenakan Maryam adalah keponakan dari Nabi Zakariyya ‘alaihissalaam dan Nabi Zakariyya sendiri adalah saudara dari ‘Imran ayah dari Maryam ‘alaihimussalaam. Mereka masih tergolong ke dalam Ali ‘Imran yakni Keluarga ‘Imran, di mana keluarga ‘Imran ini adalah salah satu keluarga yang diberikan keutamaan Allah Jalla Wa ‘Alaa. Mengenai Yahya ‘alaihissalaam Allah Ta’ala berfirman,

 

يٰيَحْيٰى خُذِ الْكِتٰبَ بِقُوَّةٍ ۗوَاٰتَيْنٰهُ الْحُكْمَ صَبِيًّاۙ

 

 “Wahai Yahya, ambillah (pelajarilah) Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh.” Kami menganugerahkan hikmah kepadanya (Yahya) selagi dia masih kanak-kanak. (Q.S. Maryam : 12)


(Baca Juga : Apakah Ada Isbal Pada Tangan?)

 

Nabi Yahya ‘alaihissalaam disebut sebanyak 5 kali di dalam Al-Quran dalam 5 ayat berbeda. Nabi Yahya ‘alaihissalaam memiliki banyak keutamaan dan kelebihan, di antaranya adalah diberikan hikmah saat masih kecil, seorang yang membenarkan kalimat yang datang dari Allah, seorang sayyid, seorang yang menahan diri dari hawa nafsu, seorang Nabi, seorang yang shalih, bersegera melakukan kebaikan dan orang yang khusyu’ dalam beribadah. Sebelumnya tidak pernah ada anak yang dinamakan Yahya. Akan tetapi Allah Ta’ala yang langsung memberikan nama untuk anak Nabi Zakariyya dengan nama Yahya. Salah satu hikmahnya adalah dikarenakan Yahya bermakna hidup, sebelumnya Yahya tidak pernah diduga akan lahir dikarenakan ayahnya seorang yang tua dan ibunya adalah seorang yang mandul. Akan tetapi Allah Tabaraka Wa Ta’ala menunjukkan mukjizat-Nya kepada seluruh alam.

 

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membicarakan tentang Nabi Yahya ‘alaihissalaam. Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

 

1

Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): "Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh." (Q.S. Ali ‘Imran : 39)

 

2

dan Zakaria, Yahya, Isa dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shaleh. (Q.S. Al-An’aam : 85)

 

(Baca Juga : 21 Ayat Al-Quran Tentang Kenikmatan)


3

Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia. (Q.S. Maryam : 7)

 

4

Hai Yahya, ambillah Al-Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak, (Q.S. Maryam : 12)

 

5

Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada Kami. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 90)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quranul Karim yang menyebutkan tentang Nabiyullah Yahya ‘alaihissalaam. Semoga tulisan singkat nan sederhana ini menambah khazanah pengetahuan dan ilmu kita seputar kandungan Al-Quran khususnya mengenai kisah para nabi Allah Jalla Dzikruhu.

 

(Baca Juga : Arogansi yang Mendatangkan Petaka)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan sore hari menjelang berbuka 9 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon