6 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Zakariyya

6 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Zakariyya
6 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Zakariyya

AlQuranPedia.Org – Nabi Zakariyya ‘alaihissalaam adalah salah seorang utusan Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Beliau merupakan ayah dari Nabi Yahya ‘alaihissalaam dan merupakan paman dari Maryam binti ‘Imran. Nabi Zakariyya disebut sebanyak 7 kali dalam 6 ayat Al-Quran yang berbeda di dalam Al-Quranul Karim. Nabi Zakariyya diuji oleh Allah ‘Azza Wa Jalla terlambat dikaruniai anak. Akan tetapi Nabi Zakariyya tidak pernah bosan dan lelah berdoa kepada Allah. Di antara doa Nabi Zakariyya yang mengharukan adalah,

 

وَّلَمْ اَكُنْۢ بِدُعَاۤىِٕكَ رَبِّ شَقِيًّا

 

Dan aku tidak pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, wahai Tuhanku. (Q.S. Maryam : 4)

 

Meskipun Nabi Zakariyya sudah beruban, sudah sangat tua dan istri beliau mandul, ternyata Allah mengaruniakannya seorang anak yang shalih, seorang nabi dan memiliki keutamaan di sisi Allah yakni Yahya ‘alaihissalaam. Allah menegaskan bahwa tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Bila dokter sudah mencap seseorang mandul, tidak bisa punya anak, tetapi Allah tidak mengenal hitungan matematis, Allah mampu berkehendak dan berkuasa atas segala sesuatu. Apapun yang Allah mau dan kehendaki pasti akan terjadi.

 

(Baca Juga : Wudhu Batal Setelah Mandi Jum'at)


Allah pun seakan menampar siapa saja yang berputus asa dan berhenti berharap dalam berdoa kepada-Nya. Bukankah Allah mengatakan, “Berdoalah kepada-Ku maka pasti akan Aku kabulkan”?. Dan bukankah Nabi kita yang mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Malu kepada hamba-Nya bila mengadahkan tangan berdoa meminta kepada-Nya akan tetapi kembali dengan tangan kosong”? Maka janganlah berhenti berdoa kepada Allah. Ketika kita berdoa hanya 1 2 tahun belum dikabulkan. Ingatlah bahwa Nabi Zakariyya lebih lama lagi daripada itu dan lebih berat lagi ujiannya.

 

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan dan menyebutkan tentang Nabi Zakariyya ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah." Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. (Q.S. Ali ‘Imran : 37)

 

2

Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (Q.S. Ali ‘Imran : 38)

 

(Baca Juga : 23 Ayat Al-Quran Tentang Rasul)


3

dan Zakaria, Yahya, Isa dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shaleh. (Q.S. Al-An’aam : 85)

 

4

(Yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya, Zakaria, (Q.S. Maryam : 2)

 

5

Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia. (Q.S. Maryam : 7)

 

6

Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 89)

 

Itulah berbagai ayat Al-Quranul Karim yang menyebutkan dan memnceritakan tentang Nabiyullah Zakariyya ‘alaihissalaam. Semoga tulisan singkat ini menambah wawasan dan khazanah pengetahuan kita seputar para nabi ‘alaihimussalaam.

 

(Baca Juga : Raja-Raja Dua Tanah Suci)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada sore hari 9 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon