5 Ayat Al-Quran Tentang Rajam

5 Ayat Al-Quran Tentang Rajam
5 Ayat Al-Quran Tentang Rajam
AlQuranPedia.Org – Rajam adalah salah satu di antara bentuk hukum di dalam syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Rajam juga digunakan oleh banyak orang pada zaman dahulu untuk menghukum seseorang atau sekumpulan orang yang melanggar hukum, baik itu hukum adat ataupun hukum setempat lainnya. Di dalam syariat Islam sekarang, rajam juga digunakan untuk menghukum para pezina. Adapun rajam adalah salah satu di antara syariat yang mana ayatnya dihapus tetapi hukumnya masih berlaku. Di dalam istilah fiqih disebut nasakh dan mansukh.


Adapun ayat yang dihapus tersebut adalah,

“Laki-laki yang tua (maksudnya : yang sudah menikah) dan wanita yang tua (maksudnya : yang sudah menikah) jika berzina, maka rajamlah keduanya sungguh-sungguh, sebagai hukuman yang mengandung pelajaran dari Allah, dan Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (Fathul Bari 9/65, Darul Ma’rifah, Beirut, 1937 H, Syamilah)

Jadi di dalam syariat Islam ada 3 jenis pembagian mengenai penghapusan ayat dan syariat. Ada syariat yang ayatnya masih ada dan hukumnya masih ada (ini yang kebanyakan), ada yang ayatnya masih ada tetapi hukumnya sudah dihapus, dan ada yang ayatnya sudah dihapus tetapi ayatnya masih ada. Nah hukum rajam termasuk ke dalam bagian ayatnya sudah tidak ada akan tetapi hukumnya masih berlaku. Adapun hikmahnya kita serahkan kepada Allah Ta’ala.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang rajam. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Mereka berkata: "Hai Syu'aib, kami tidak banyak mengerti tentang apa yang kamu katakan itu dan sesungguhnya kami benar-benar melihat kamu seorang yang lemah di antara kami; kalau tidaklah karena keluargamu tentulah kami telah merajam kamu, sedang kamupun bukanlah seorang yang berwibawa di sisi kami." (Q.S. Huud : 91)


2
Berkata bapaknya: "Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, hai Ibrahim? Jika kamu tidak berhenti, maka niscaya kamu akan kurajam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama." (Q.S. Maryam : 46)

3
Mereka berkata: "Sungguh jika kamu tidak (mau) berhenti hai Nuh, niscaya benar-benar kamu akan termasuk orang-orang yang dirajam." (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 116)

4
Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami bernasib malang karena kamu, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti (menyeru kami), niscaya kami akan merajam kamu dan kamu pasti akan mendapat siksa yang pedih dari kami." (Q.S. Yaasiin : 18)

5
Dan sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu, dari keinginanmu merajamku, (Q.S. Ad-Dukhaan : 20)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membahas mengenai rajam. Semoga menambah ilmu dan wawasan pengetahuan kita.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 21 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/1 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon