14 Ayat Al-Quran Tentang Tulang Belulang

14 Ayat Al-Quran Tentang Tulang Belulang
14 Ayat Al-Quran Tentang Tulang Belulang

AlQuranPedia.Org - Di dalam Al-Quranul Karim sering sekali disebut tentang tulang belulang. Penyebutannya biasanya mengisahkan tentang orang-orang kafir yang tidak mempercayai tentang hari Kebangkitan. Mereka tidak percaya bahwa Allah akan membangkitkan kita meskipun sudah tinggal tulang belulang dan tanah. Padahal hari kebangkitan itu adalah suatu kepastian yang akan terjadi. Allah menyeru kepada umat manusia yang ragu akan hari kebangkitan.

Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (Q.S. Al-Hajj : 5)


Kita umat Islam wajib mengimani hari Kebangkitan dan peristiwa-peristiwa pada hari Kiamat kelak sesuai dengan apa yang disampaikan Al-Quran dan hadits-hadits shahih.

Penyebutan tulang-belulang lainnya adalah tentang penciptaan manusia dan tanda-tanda kekuasaan Allah ‘Azza Wa Jalla. Untuk itulah Al-Quran Pedia tertarik membahas tentang ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tulang-belulang. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: "Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?" Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: "Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?" Ia menjawab: "Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari." Allah berfirman: "Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi beubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging." Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) diapun berkata: "Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." (Q.S. Al-Baqarah : 259)

2
Dan kepada orang-orang Yahudi, Kami haramkan segala binatang yang berkuku dan dari sapi dan domba, Kami haramkan atas mereka lemak dari kedua binatang itu, selain lemak yang melekat di punggung keduanya atau yang di perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang. Demikianlah Kami hukum mereka disebabkan kedurhakaan mereka; dan sesungguhnya Kami adalah Maha Benar. (Q.S. Al-An’aam : 146)

3
Dan mereka berkata: "Apakah bila kami telah menjadi tulang belulang dan benda-benda yang hancur, apa benar-benarkah kami akan dibangkitkan kembali sebagai makhluk yang baru?" (Q.S. Al-Israa’ : 49)


4
Itulah balasan bagi mereka, karena sesungguhnya mereka kafir kepada ayat-ayat Kami dan (karena mereka) berkata: "Apakah bila kami telah menjadi tulang belulang dan benda-benda yang hancur, apakah kami benar-benar akan dibangkitkan kembali sebagai makhluk baru?" (Q.S. Al-Israa’ : 98)

5
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Mu’minuun : 14)

6
Apakah ia menjanjikan kepada kamu sekalian, bahwa bila kamu telah mati dan telah menjadi tanah dan tulang belulang, kamu sesungguhnya akan dikeluarkan (dari kuburmu)? (Q.S. Al-Mu’minuun : 35)

7
Mereka berkata: "Apakah betul, apabila kami telah mati dan kami telah menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kami benar-benar akan dibangkitkan ? (Q.S. Al-Mu’minuun : 82)

8
Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya? (Q.S. Al-Qiyaamah : 3)

9
Dan mereka selalu mengatakan: "Apakah bila kami mati dan menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kami akan benar-benar dibangkitkan kembali? (Q.S. Al-Waaqi’ah : 47)

10
Apakah (akan dibangkitkan juga) apabila kami telah menjadi tulang belulang yang hancur lumat?" (Q.S. An-Naazi’aat : 11)

11
Apakah apabila kami telah mati dan telah menjadi tanah serta menjadi tulang belulang, apakah benar-benar kami akan dibangkitkan (kembali)? (Q.S. Ash-Shaafaat : 16)

12
Apakah bila kita telah mati dan kita telah menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kita benar-benar (akan dibangkitkan) untuk diberi pembalasan?" (Q.S. Ash-Shaafaat : 53)

13
yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan. (Q.S. Ath-Thaariq : 7)

14
Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: "Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?" (Q.S. Yaasiin : 78)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang tulang-belulang. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan bagi kita semua. Dan semoga tulisan ini menambah ilmu dan pengetahuan Al-Quran kita.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 27 Jumadil Akhir 1439 Hijriyah/15 Maret 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon