Keutamaan dan Amalan di Bulan Sya'ban

Keutamaan dan Amalan di Bulan Sya'ban
Keutamaan dan Amalan di Bulan Sya'ban

🌘🍃☑️ *KEUTAMAAN & AMALAN YANG DIANJURKAN DIBULAN SYA’BAN*


الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله وصحبه ومن والاه..
Kaum muslimin rahimakumulloh...
Alhamdulillah tak terasa kita telah berada di bulan sya’ban, maka jadikanlah bulan Sya’ban ini sebagai bulan latihan dan pemanasan dengan banyak beramal sholih, khususnya puasa. untuk melatih dan mempersiapkan diri kita  menyambut bulan yang dinanti-nantikan kedatangannya yakni bulan Ramadhan.

(Baca Juga : Puasa Orang Yang Tidak Sholat)

Diantara anjuran dan kebiasaan Rasulullah ﷺ dibulan Sya'ban adalah memperbanyak puasa.

عَائِشَةَ قَالَتْ : مَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ, وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِيْ شَعْبَانَ

Aisyah رضي الله عنها berkata: Saya tidak pernah mengetahui Nabi ﷺ berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan, dan saya tidak pernah mengetahui dia lebih banyak berpuasa sebagaimana bliau puasa di bulan sya’ban.
📚 (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika Rasulullah ﷺ ditanya mengapa beliau memperbanyak puasa di Bulan Sya’ban, beliaupun bersabda: ““Bulan itu banyak manusia lalai darinya, yaitu antara Rojab dan Ramadhan, bulan diangkatnya amalan seorang hamba kepada Robb semesta alam, dan saya ingin amalku diangkat dalam keadaan berpuasa”

Inilah alasan dan amalan yang dianjurkan untuk kita lakukan ketika berada dibulan Sya’ban, yaitu memperbanyak puasa dan amal sholih yang lainnya guna mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Semoga Allah ﷻ senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian untuk senantiasa beramal sholih dan menetapkan kita sekalian kepada perkara yang dicintai dan diridhoi_Nya.

(Baca Juga : 20 Ayat Al-Quran Tentang Rahmat)

Dan semoga Allah ﷻ mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan dan memberikan taufiq dan kemudahan untuk kita mengisinya dengan berbagai amal sholih.

Al faqir ila maghfirati rabbih
📝Fajrin Abu Yahya وفقه الله
➖ ➖ ➖ ➖ ➖ ➖ ➖ ➖ ➖
Rumah Qur’an As-Sunnah Pinrang
1 Sya'ban 1440 H.

🌐https://www.facebook.com/Abuyahyafajrin/

Tulisan Al-Ustadz Fajrin Abu Yahya hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/1991277107606965/posts/2193817717352902/


EmoticonEmoticon