Belajar Manhaj Salaf dari Dinosaurus

Belajar Manhaj Salaf dari Dinosaurus
Belajar Manhaj Salaf dari Dinosaurus
Belajar manhaj salaf dari Dinosaurus?

Banyak orang berdecak kagum ketika menyaksikan replika atau cerita tentang dinosaurus.

Konon makhluq makhluq tersebut hidup ratusan jutaan tahun silam.

Konon tinggi makhluq tersebut ditaksir sekitar 7-12 meter.

Luar biasa buueeeeeesar bukan?

(Baca Juga : Adab Bermain Media Sosial Dalam Islam)

Namun coba baca dulu data sejarah yang pasti valide berikut ini.

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا، ثُمَّ قَالَ: اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ مِنْ الْمَلاَئِكَةِ، فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّونَكَ تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ. فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. فَقَالُوا: السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَزَادُوهُ: وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ، فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ حَتَّى الآنَ. 
Sahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Allah menciptakan Adam alaihissalam dan tingginya enam puluh (60) hasta.

 Kemudian Dia berfirman: Pergilah kamu dan berilah salam kepada mereka para malaikat, maka dengarkanlah bagaimana mereka mengucapkan salam penghormatan kepadamu sebagai ucapan salammu dan juga salam penghormatan anak keturunanmu.

Maka nabi Adam alaihissalam mengucapkan salam: as-salaamu alaikum (salam sejahtera untuk kalian).

Mereka menjawab: as-salaamu alaika wa rahmatullah (salam sejahtera dan rahmat Allah untukmu)

Mereka menambahkan kalimat wa rahmatullah.

Setiap orang yang akan masuk surga sifatnya seperti Adam alaihissalam, dan manusia terus saja berkurang (tingginya) sampai sekarang. (Bukhari)

(Baca Juga : Kasih Sayang Rasulullah Kepada Umatnya)

Coba sekarang anda taksir, menurut hemat anda berapa kira kira tinggi beliau, kemudian anda pikirkan kembali hewan yang semula anda anggap luar biasa yaitu dinosaurus yang konon tingginya mencapai 10 meter.

Pelajaran manhaj dari kasus di atas:

Bila anda menilai suatu masalah dengan berbekalkan tolok ukur yang ada pada diri anda saat ini, padahal kasusnya terjadi ratusan juta tahun silam, maka hasil kajian anda bisa sesat dan tentu saja menyesatkan.

Namun coba bila anda berusaha mengadopsi atau meminjam tolok ukur yang dimiliki oleh orang orang yang hidup semasa dengan dinosaurus, niscaya anda bisa memahami dan mengerti tentang dinosaurus lebih mendekati fakta dan kebenaran.

Demikianlah kira kira manhaj salaf, salah besar bila anda berusaha memahami dalil Al Qur'an dan Al Hadits yang diturunkan sekitar 14 abad silam.

Namun bila anda menggunakan pola pikir dan metodologi para sahabat dan tabiin yang hidup pada masa diturunkan dalil dalil tersebut, bahkan banyak yang diturunkan sebagai jawaban atas pertanyaan mereka atau solusi bagi problema yang menimpa mereka, niscaya anda bisa mendapatkan pemahaman yang valide.

Itulah mengapa dalam urusan beragama kita harus berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadits sesuai dengan pemahaman ulama' salaf, alias  salafy.

(Baca Juga : Orang Yang Dicintai Allah Menurut Al-Quran)

Tulisan Al-Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, MA hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/405218379559341/posts/2264800136934480/


EmoticonEmoticon