Syarat dan Ketentuan Berlaku

Syarat dan Ketentuan Berlaku
Syarat dan Ketentuan Berlaku
Syarat dan Ketentuan berlaku, bukan hanya di supermarket, namun juga di ....

Sekte khowarij tersesat karena mereka srampangan alias gegabah dalam menerapkan dalil dalil yang bermuatan ancaman (Al Wa'iidu), akibatnya mereka sesat, dan menyesatkan. Mereka ceroboh mengkafirkan dan mengusir pelaku dosa dari keluarga besar ummat Islam.

(Baca Juga : Rangkul Saudaramu Dalam Pelukan Sunnah)

Sekte Murji'ah kebalikan dari mereka, ceroboh dalam menerapkan dalil dalil yang bermuatan tentang kabar gembira (Al Wa'du), akibatnya mereka sesat dan menyesatkan. Mereka ceroboh membela orang orang yang sudah sepantasnya diusir dari keluarga besar ummat Islam.

Sedangkan ahlussunnah wa al jamaah selalu bersikap secara proporsional, atau moderat, kedua macam dalil di atas diterapkan secara tepat dan proporsional.

Setiap ancaman atau kabar gembira, pastilah dilengkapi dengan term of condition yang sesuai, alias ancaman demikian juga kabar gembira tersebut tidak sekonyong konyong bisa diterapkan, kecuali setelah terpenuhi berbagai persyaratan dan terlampaui seluruh penghalangnya.

Bila salah satu persyaratan atau penghalang, maka dalil dalil tersebut tidak dapat diaplikasikan, walaupun nuansa ancaman atau iming iming dan kabar gembira tetap relevan untuk disampaikan dalam rangkan memberikan peringatan atau motivasi.

(Baca Juga : 26 Ayat Tentang Sains di Al-Quran)

Sebagai contoh, pahala ibadah sholat, adalah satu kabar gembira, namun tidak semua yang sholat berhasil mendapatkannya karena ada persyaratan yang harus dipenuhi dan pantangan yang harus dihindari.

Apalah arti sholat anda bila anda sholat tanpa wudhu' atau tidak tuma'ninah?

Sebagaimana bisa jadi pelaku dosa mendapat ampunan, karena ia bertaubat secara sungguh sungguh sebelum ajal menjemputnya.

Kejelian dalam memenuhi seluruh term of condition setiap hukum seperti dicontohkan di atas, adalah salah satu karakteristik ahlussunnah wa al jama'ah.

Bila dalam menerapkan hukum agama, anda malas untuk mencermati term of conditionnya, niscaya anda salah, sebagaimana anda salah bila belanja lalu anda segera memenuhi keranjang belanjaan anda, karena termotovasi oleh tulisan BIG SALE, atau UP TO 70 %, namun anda ndak jeli mencermati * bintang kecil yang diikuti tulisan: sayarat dan ketentuan berlaku.

Semoga mencerahkan.

(Baca Juga : Inilah Lokasi Wafatnya Nabi Musa)

Tulisan Al-Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, MA hafidzhahullah

Sumber; https://www.facebook.com/405218379559341/posts/2267147453366415/


EmoticonEmoticon