Seputar Mendoakan Pemimpin

Seputar Mendoakan Pemimpin
Seputar Mendoakan Pemimpin

#MUTIARA_MANHAJIYAH
#DALAM_MENDOAKAN_PEMIMPIN
#DARI_ULAMA'_SALAFIYYAH

Berkata Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah :

"Termasuk hak pemimpin dan penguasa adalah ditutup aib dan kekurangannya sebisa mungkin. bukanlah termasuk nasihat menyebarkan kekurangan dan kesalahan pemimpin di khalayak ramai, karena itu akan menjadikan rakyat marah, emosi dan membenci kepada pemimpin.
jika hati rakyat telah dipenuhi kebencian kepada para pemimpin maka akan mudah diprovokasi untuk memberontak kepada pemimpinnya, yang akhirnya akan mengakibatkan kerusakan sangat besar.

menutupi aib dan kesalahan pemimpin bukan berarti kita diam dari kesalahan dan kekurangannya, akan tetapi tetap memberikan nasihat kepada pemimpin secara langsung jika memungkinkan, jika tidak maka melalui perantara para ulama atau orang-orang yang memiliki kedudukan disisi pemimpin".

๐Ÿ“šSyarah Al Arbain An Nawawiyah, hal. 181 -secara ringkas-.

(Baca Juga : Bangkai Jahiliyyah)

Berkata Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu Syaikh hafidzahullah :

"Syarat-syarat yang harus diperhatikan bagi orang yang menasihati pemimpin adalah,
1. Memberi nasihat dengan baik, lemah lembut, bahasa yang mudah difahami.
Allah Ta'ala telah ingatkan Nabi Musa dan Harun ketika diperintahkan mendatangi Fir'aun :

ูَู‚ُูˆู„َุง ู„َู‡ُ ู‚َูˆْู„ًุง ู„َูŠِّู†ًุง ู„َุนَู„َّู‡ُ ูŠَุชَุฐَูƒَّุฑُ ุฃَูˆْ ูŠَุฎْุดَู‰ٰ

"Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut". (Qs. Thaha : 44)

karena hakikatnya orang yang memberi nasihat adalah menginginkan kebaikan bagi orang yang dinasihati. -bukan untuk merendahkan dan berharap keburukan baginya-.

2. Memberikan nasihat dengan cara rahasia bukan terang-terangan (ditempat umum). karena hukum asal memberikan nasihat kepada pemimpin dan lainnya adalah rahasia. karena nasihat yang disampaikan di tempat umum bisa menghalangi pemimpin menerima nasihat tersebut.
Sebagaimana wasiat Nabi shallallahu alaihi wasallam :

ู…َู†ْ ุฃَุฑَุงุฏَ ุฃَู†ْ ูŠَู†ْุตَุญَ ู„ِุฐِูŠ ุณُู„ْุทَุงู†ٍ ูَู„ุงَ ูŠُุจْุฏِู‡ِ ุนَู„ุงَู†ِูŠَุฉً، ูˆَู„َูƒِู†ْ ูŠَุฃْุฎُุฐْ ุจِูŠَุฏِู‡ِ ูَูŠَุฎْู„ُูˆْ ุจِู‡ِ، ูَุฅِู†ْ ู‚َุจِู„َ ู…ِู†ْู‡ُ ูَุฐَุงูƒَ ูˆَุฅِู„ุงَّ ูƒَุงู†َ ู‚َุฏْ ุฃَุฏَّู‰ ุงู„َّุฐِูŠ ุนَู„َูŠْู‡ِ

"Barangsiapa yang ingin menasihati penguasa, janganlah ia menampakkan dengan terang-terangan. Hendaklah ia pegang tangannya lalu menyendiri dengannya. Jika penguasa itu mau mendengar nasihat itu, maka itu yang diharapkan dan jika penguasa itu tidak mau menerima, maka sungguh ia telah melaksanakan kewajiban amanah yang dibebankan kepadanya". (HR. Ibnu Abi Ashim dalam As Sunnah no. 1097, dishahihkan Syaikh Al Albani dalam Dzilalul Jannah hal. 477-478).

๐Ÿ“šSyarah Al Arbain An Nawawiyah, hal. 135-136.

Berkata Syaikh Shalih bin Fauzan Al Fauzan hafidzahullah :

"Kami pernah mendengar sebagian orang yang sok tau lagi sok berilmu mengatakan bahwa mendoakan kebaikan untuk para pemimpin adalah termasuk kemunafikan.

maka kami katakan: kewajiban kalian adalah mendoakan kebaikan untuk para pemimpin agar berubah menjadi baik dan istiqamah.

kemudian sebagian lagi mengatakan bahwa mendoakan kebaikan untuk pemimpin berarti menjilat pemimpin dan mencari muka karena ini tidak ada contohnya dari salaf.

maka kami jawab: sesungguhnya termasuk nasihat kepada para pemimpin kaum muslimin yang paling besar adalah mendoakan kebaikan untuk mereka dan ini dicontohkan para salaf shalih, mereka mendoakan kebaikan bagi para pemimpin bahkan mendoakan kebaikan untuk pemimpin dalam khutbah-khutbah jumat dan hari raya. ini perkara yang sudah dikenal di tengah-tengah umat dan tidak ada yang mengingkarinya kecuali orang jahil atau yang didalam hatinya ada kedengkian dan hasad.

(Baca Juga : Man Salafuka? Siapa Salafmu?)

diantara contoh salaf adalah perkataan Fudhail bin 'Iyadh rahimahullah :

ู„َูˆ ูƒَุงู†َุช ู„ِูŠ ุฏَุนْูˆุฉً ู…ُุณุชَุฌَุงุจุฉً ู…َุง ุฌَุนَู„ุชُู‡َุง ุฅِู„ุงَّ ูِูŠ ุงู„ุณُّู„ุทَุงู†ِ، ู‚ِูŠู„َ ู„ู‡ُ: ูŠَุง ุฃุจَุง ุนَู„ِูŠٍّ ูَุณِّุฑ ู„َู†َุง ู‡َุฐَุง؟
ู‚َุงู„َ: ุฅุฐَุง ุฌَุนَู„ุชُู‡َุง ูِูŠ ู†َูْุณِูŠ ู„َู…ْ ุชَุนْุฏُู†ِูŠ، ูˆَุฅุฐَุง ุฌَุนَู„ุชُู‡َุง ูِูŠ ุงู„ุณُّู„ุทَุงู†ِ ุตَู„َุญَ، ูุตَู„َุญَ ุจِุตَู„َุงุญِู‡ ุงู„ุนِุจَุงุฏُ ูˆَุงู„ุจِู„َุงุฏُ

"Jika aku memiliki doa baik yang pasti dikabulkan niscaya aku persembahkan semuanya bagi pemimpin. dikatakan kepadanya: wahai Abu Ali (Fudhail) jelaskan kepada kami maksud ucapanmu tersebut?
beliau berkata: Jika doa itu aku tujukan hanya untuk diriku sendiri maka hanya akan bermanfaat untukku sendiri, tapi jika aku persembahkan untuk pemimpin dan ternyata berubah menjadi baik, maka semua orang dan negeri merasakan manfaat kebaikannya". (Syarhus Sunnah Al Barbahari, hal. 113-114).

ini menunjukkan fiqihnya beliau rahimahullah karena baiknya dan kesejahteraan kaum muslimin mengikuti baiknya pemimpin, maka termasuk nasihat kepada pemimpin adalah dengan mendoakan kebaikan untuk mereka".

๐Ÿ“šAl Minhatu Ar Rabbaniyyah fi Syarhi Ll Arbain An Nawawiyyah, hal. 91.

๐Ÿ€๐ŸŒฑ__________
Berkata hamba yang dha'if ุบูุฑ ุงู„ู„ู‡ ู„ู‡ ูˆู„ู„ู…ุณู„ู…ูŠู† :
Kalau ada yang mengatakan bahwa yang wajib didoakan adalah pemimpin yang adil saja, adapun pemimpin yang dzalim tidak berhak didoakan kebaikan untuknya.

maka kita jawab:
1. Pernyataan demikian ini menunjukkan kejahilan atau kebenciannya kepada pemimpin. semoga Allah memberinya hidayah dan ilmu.

2. Perhatikanlah ucapan Al Fudhail bin 'Iyadh  rahimahullah tersebut dan perkataan para ulama bahwa pemimpin yang adil dan dzalim harus didoakan, bahkan pemimpin yang dzalim lebih butuh kepada doa kebaikan agar mendapatkan hidayah dan taufiq dalam mengemban amanah kepada rakyatnya.
berkata Imam Al Barbahari rahimahullah:

ูَุฃُู…ِุฑู†َุง ุฃَู†ْ ู†َุฏْุนُูˆ ู„َู‡ُู… ุจِุงู„ุตَّู„َุงุญِ، ูˆَู„َู… ู†ُุคู…َุฑْ ุฃَู†ْ ู†َุฏุนُูˆَ ุนَู„َูŠู‡ِู… ูˆَุฅِู†ْ ุธَู„َู…ُูˆุง ูˆَุฅِู†ْ ุฌَุงุฑُูˆุง، ู„ِุฃَู†َّ ุธُู„ู…َู‡ُู…ْ ูˆَุฌَูˆุฑَู‡ُู…ْ ุนَู„َู‰ ุฃَู†ูُุณِู‡ِู…ْ، ูˆَุตَู„َุงุญَู‡ُู…ْ ู„ِุฃَู†ูُุณِู‡ِู…ْ ูˆَู„ِู„ู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ

"Kita diperintahkan untuk mendoakan kebaikan bagi pemimpin, dan tidak diperintahkan berdoa buruk bagi pemimpin meskipun mereka dzalim dan berbuat sewenang-wenang, karena kedzaliman mereka akan mereka tanggung sendiri dosanya sedangkan kebaikan pemimpin akan bermanfaat bagi diri mereka dan kaum muslimin". (Syarhus Sunnah Al Barbahari, hal.114).

3. Berkata Syaikh Shalih Al Fauzan hafidzahullah:

ู„َุง ูŠَุฌُูˆุฒُ ุงู„ุฏُّุนَุงุก ุนَู„َูŠู‡ِู…ْ، ู„ุฃَู†َّ ู‡َุฐَุง ุฎُุฑُูˆุฌٌ ู…َุนู†َูˆِูŠ، ู…ِุซู„ُ ุงู„ุฎُุฑُูˆุฌِ ุนَู„َูŠู‡ِู… ุจِุงู„ุณِّู„َุงุญِ، ูˆَูƒَูˆู†ُู‡ ุฏَุนَุง ุนَู„َูŠู‡ِู… ู„ِุฃู†َّู‡ ู„َุง ูŠَุฑَู‰ ูˆِู„َุงูŠَุชู‡ُู…ْ، ูَุงู„ูˆَุงุฌِุจُ ุงู„ุฏُّุนุงุกُ ู„َู‡ู…ْ ุจِุงู„ู‡ُุฏَู‰ ูˆَุงู„ุตَّู„َุงุญِ، ู„َุง ุงู„ุฏُّุนَุงุก ุนَู„َูŠู‡ِู…، ูَู‡َุฐَุง ุฃَุตْู„ٌ ู…ِู† ุฃُุตُูˆู„ِ ุฃَู‡ْู„ِ ุงู„ุณُّู†ّุฉ ูˆَุงู„ุฌَู…َุงุนَุฉِ ...
ูَุงู„َّุฐูŠู†َ ูŠุฏَุนُูˆู†َ ุนَู„ู‰ ูˆُู„ุงุฉِ ุฃُู…ُูˆุฑِ ุงู„ู…ُุณْู„ู…ِูŠู†َ ู„َูŠุณُูˆุง ุนَู„َู‰ ู…َุฐู‡َุจِ ุฃَู‡ู„ِ ุงู„ุณُّู†ّุฉِ ูˆَุงู„ุฌَู…ุงุนَุฉِ؛ ูˆَูƒุฐَู„ِูƒ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู„َุง ูŠَุฏุนُูˆู†َ ู„ู‡ُู…ْ، ูˆู‡َุฐَุง ุนู„َุงู…َุฉٌ ุฃَู†ّ ุนู†ْุฏَู‡ُู… ุงู†ุญِุฑَุงูุงً ุนَู†ْ ุนَู‚ِูŠุฏَุฉ ุฃู‡ْู„ِ ุงู„ุณู†َّุฉِ ูˆَุงู„ุฌู…َุงุนَุฉِ

"Tidak boleh mendoakan keburukan kepada pemimpin, karena ini termasuk khuruj (pemberontakan) secara maknawi, seperti khuruj kepada pemimpin dengan senjata. mendoakan keburukan kepada meraka sejatinya tidak meyakini kedudukannya sebagai pemimpin, maka wajib mendoakan kebaikan untuk mereka agar diberi hidayah dan kebaikan. karena ini adalah prinsip Ahlis sunnah wal jama'ah ..
maka orang-orang yang mendoakan keburukan bagi pemimpin kaum muslimin tidaklah diatas madzhab Ahlis sunnah wal jama'ah. begitu juga yang tidak mendoakan kebaikan bagi pemimpin maka mereka memiliki penyimpangan dari aqidah Ahlis Sunnah wal Jama'ah". (At Ta'liqat Al Mukhtasharah ala matni Al Aqidah At Thahawiyah, hal. 171-172).

ุงู„ู„ู‡ู… ุฃุตู„ุญ ูˆู„ุงุฉ ุฃู…ูˆุฑู†ุง ูˆูˆู„ุงุฉ ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆูˆูู‚ู‡ู… ู„ู…ุง ููŠู‡ ุตู„ุงุญ ุงู„ุฏูŠู† ูˆุงู„ุฏู†ูŠุง، ูˆู‡ูŠุฆ ู„ู‡ู… ุงู„ุจุทุงู†ุฉ ุงู„ุตุงู„ุญุฉ ุงู„ุชูŠ ุชุนูŠู†ู‡ู… ุนู„ู‰ ุงู„ุญู‚،. ุขู…ูŠู†

(Baca Juga : 22 Ayat Al-Quran Tentang Dosa)

WaAllahu A'lam
Solo/05/04/20

Tulisan Al-Ustadz Muhammad Alif, Lc hafidzhahullah

Sumber : https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=652319018671097&id=100016790144202


EmoticonEmoticon