Berdakwah Lewat Tiktok?

Berdakwah Lewat Tktok?
Berdakwah Lewat Tiktok?

AlQuranPedia.Org - Ada sebagian ikhwan yang mempertanyakan tentang seorang ustadz -hafidzhahullah- yang berdakwah dengan Tiktok. Karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa Tiktok berisi banyak kemungkaran dan kemaksiatan di dalamnya.


Berikut jawaban Al-Ustadz Al-Fadhil Fadlan Fahamsyah, Lc, M.HI hafidzhahullah terkait hal tersebut :


FB banyak maksiat, apa boleh dakwah di FB? Boleh.


Tv banyak maksiat, apa boleh dakwah via tv? Boleh.


You tube banyak maksiat, apa boleh dakwah via YouTube? Boleh


Barangkali itu alasannya... 


FB, Tv, YT, TT, Twitter... Bisa baik bisa jelek...tergantung pengguna..


Mencoba berhusnudzon


________________________________


Itu adalah jawaban dari Ustadz Fadlan tentang berdakwah lewat Tiktok. Kami pribadi sudah melihat dakwah ustadz yang berdakwah lewat Tiktok tersebut karena diupload juga lewat instagram beliau -hafidzhahullah-. Kalau yang dipermasalahkan adalah kontennya insya Allah beliau faham karena beliau adalah ustadz. Adapun mengenai backsoundnya maka walhamdulillah tidak menggunakan musik/lagu. Sehingga dalam hal ini kami pribadi setuju dengan Ustadz Fadlan hafidzhahullah bahwa berdakwah lewat tiktok sah-sah saja. Asalkan digunakan dengan benar dan tidak melanggar syariat. Sebagaimana juga berdakwah lewat FB, YouTube, dan lain-lainnya.


Satu poin yang perlu kami garis bawahi adalah bila ada seorang ustadz yang melakukan sesuatu yang mana menurut kita hal itu keliru, maka dahulukanlah sikap husnudzon. Terlebih lagi bila itu hal yang belum jelas bagi kita keliru atau tidak. Bila sikap husnudzon diperintahkan kepada setiap muslim, maka tentu sikap husnudzon lebih berhak kita berikan kepada ustadz ahlussunnah.


Wallahu a'lam


Diselesaikan pada Pagi 10 Ramadhan 1442 Hijriyah/Bertepatan dengan 22 April 2021 Masehi.


EmoticonEmoticon