Jesus Of Lubeck, Kapal Budak Pertama

Jesus Of Lubeck, Kapal Budak Pertama
Jesus Of Lubeck, Kapal Budak Pertama

Jesus of Lubeck ini adalah kapal pertama yang membawa budak dari Afrika ke Benua Amerika. Walaupun Jesus dikenal dengan ajaran kasih sayang, namun tidak tampaknya itu tidak diterapkan di atas kapal ini.


Sir John Hawkins, seorang bangsawan Inggris pemilik kapal ini memanfaatkannya untuk membawa budak berkulit hitam dari Afrika di Amerika sejak tahun 1562 sampai dengan 1568. 


Dan sebagaimana yang saya pernah tulis, sebagian budak-budak ini adalah kaum muslimin yang telah dicopot identitas keislamannya. Saya baru dapat buku yang membahas bagaimana budak budak muslim ini dibaptis dan dijadikan kristen oleh pemilik mereka. Kapan-kapan kita bahas metodenya insyaAllah.


(Baca Juga : Sarana Menuntut Ilmu)


Agar bisa membawa sebanyak-banyaknya, budak-budak dijejalkan di kapal tanpa ruang yang cukup bahkan untuk bernafas. Budak-budak ini, laki, perempuan, dewasa dan anak-anak harus bertahan di dalam kapal selama perjalanan laut yang ditempuh sampai empat bulan. 


Karena kondisi yang tidak manusiawi ini, banyak budak yang mati di perjalanan dan dibuang begitu saja ke laut. Hasil penelitian yang dilakukan oleh institut sejarah Gilder Lehrman menunjukkan bahwa dari 12,5 juta budak Afrika yang dibawa dari Afrika, hanya sekitar 10 jutaan yang selamat. Berarti sekitar 2 juta budak tewas di perjalanan mengarungi samudera.


Ini hanya satu di antara banyak kekejaman dan kebiadaban barat yang dilakukan kepada bangsa kulit hitam. Kaum muslimin hendaknya mengetahui fakta sejarah ini agar tidak mudah terpukau dengan kampanye mereka tentang HAM. 


Sumber:


https://slaveryfacts.org/classroom/the-first-slave-ship-was-named-jesus


https://www.gilderlehrman.org/history-resources/teaching-resource/historical-context-facts-about-slave-trade-and-slavery


https://theconversation.com/muslims-arrived-in-america-400-years-ago-as-part-of-the-slave-trade-and-today-are-vastly-diverse-113168


(Baca Juga : Benarkah Nabi Lahir Pada 12 Rabiul Awwal?)


Tulisan Al-Ustadz Wira Mandiri Bachrun, S.Kom hafidzhahullah


Sumber : https://www.facebook.com/wira.bachrun/posts/1448692515331049


EmoticonEmoticon