Satu Saja Setiap Hari

Satu Saja Setiap Hari
Satu Saja Setiap Hari


#๐๐€๐’๐„๐‡๐€๐“_๐”๐‹๐€๐Œ๐€

#๐€๐‹๐ˆ๐Œ_๐Œ๐”๐“๐€๐…๐€๐๐๐ˆ๐_๐–๐€๐™๐ˆ๐‘

#๐’๐€๐“๐”_๐’๐€๐‰๐€_๐’๐„๐“๐ˆ๐€๐_๐‡๐€๐‘๐ˆ


◾Berkata As Syaikh Al Wazir Shalih bin Abdul Aziz Alu Syaikh hafidzahullah :


Seperti yang sudah pernah saya sampaikan kepada kalian berkali-kali, bahwa kalau setiap hari engkau membaca tafsir satu ayat saja, satu hadits dan penjelasannya, satu masalah fiqih (dengan dalil), cukup 3 ini dalam sehari niscaya berapa yang akan terkumpul padamu dalam setahun?


๐Ÿ”นTafsir 360 ayat

๐Ÿ”นHadits 360 beserta penjelasannya

๐Ÿ”นFiqih 360 permasalahan

ini baru satu ayat, satu hadits, satu masalah fiqih.


(Baca Juga : Keutamaan Negeri Mesir)


Tapi adakah hati yang kuat untuk istiqamah? ini satu masalah saja sudah begitu banyak, bagaimana kalau sampai 5 tahun atau 10 tahun niscaya akan menjadi thalibul ilmi sejati. mungkin maklumatnya tidak banyak tapi ilmu yang sedikit itu kokoh, karena engkau mengetahui tafsir ayat dengan jelas dan faham akan dalil-dalilnya, hadits yang dihafal matannya dan diulang-ulang sehingga dapat menyebutkan kapan saja dibutuhkan disertai faham maknannya, kemudian masalah fiqih dan pendapat para ulama.


Oleh karena itu jika engkau tidak mampu membaca dan menghafal banyak maka engkau harus kontinyu meskipun sedikit, karena amalan yang paling dicintai Allah adalah yang kontiyu meskipun sedikit. tapi untuk kontinyu pada suatu perkara itu butuh perjuangan.


Maka janganlah terlewat satu hari tanpa engkau mempelajari satu masalah betapapun kesibukan dan pekerjaanmu. seperti bacaan Al Quran yang engkau baca, janganlah terlewat satu hari tanpa mempelajari masalah ilmu, pelajari dan cari pendapat para ulama dalam masalah tersebut. terlebih dalam permasalahan Tauhid, Aqidah, Fiqih dan ilmu tentang Al Quran dan Sunnah, ini adalah permasalahan penting".


๐Ÿ“šAl Ajwibah wal Buhuts 5/303 -dengan sedikit ringkas-,.

๐Ÿ€๐ŸŒฑ___________________

As Syaikh Al 'Allamah Shalih bin Abdul Aziz bin Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh hafidzahullah seorang ulama yang mutafannin (menguasai banyak cabang ilmu syar'i), cucu dari As Syaikh Al Mufti Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh rahimahullah. 

Nasab beliau hafidzahullah sampai As Syaikh Al Mujaddid Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah :


ุงู„ุดูŠุฎ ุตุงู„ุญ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุนุฒูŠุฒ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ุทูŠู ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ุญุณู† ุจู† ุดูŠุฎ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุงู„ู…ุฌุฏุฏ ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ูˆู‡ุงุจ ุฑุญู…ู‡ู… ุงู„ู„ู‡،. 


Tidak asing lagi nama beliau bagi tahalibul ilmi karena sangat banyak kajian-kajian dan kitab beliau ditengah-tengah kaum muslimin,  juga fatwa-fatwa beliau yang dibaca dan pakai oleh banyak kalangan penuntut ilmu. begitu juga ketenaran beliau di Dunia internasional sebagai seorang menteri yang telah menjabat sekitar 20 tahunan sampai saat ini, tetapi itu semua tidak menghalangi beliau untuk memberikan kajian-kajian kitab ilmiyyah di masjid-masjid. 


Semoga Allah menjaga beliau dan memberkahi ilmu dan dakwah beliau,.


(Baca Juga : Udzur Bagi Da'i)


Tulisan Al-Ustadz Muhammad Alif, Lc hafidzhahullah


Sumber : https://www.facebook.com/alif.elqibty.9/posts/677600626142936


EmoticonEmoticon