3 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ilyas

3 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ilyas
3 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ilyas

AlQuranPedia.Org – Sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa Nabi Ilyas adalah Nabi Idris. Sebagian ulama lain berpendapat bahwa Ilyas adalah orang tersendiri yang memiliki nama Ilyas bin Nasai bin Fanhash bin Al-‘Izar bin Harun bin ‘Imran. Sebagian ulama lain mengatakan bahwa beliau adalah Ilyas bin Yas cucu Nabi Harun. Sebagian lagi mengatakan beliau adalah Ilyas At-Tasybiy. Sebagiannya lagi mengatakan bahwa beliau adalah Ilyas bin Al-‘Azir bin Al-‘Izar bin Harun bin ‘Imran. Nabi Ilyas disebutkan 3 kali di dalam Al-Quranul Karim pada 2 surat yang berbeda, yaitu Surat Al-An’aam dan Surat Ash-Shaffaat.

 

Nabi Ilyas ‘alaihissalaam diutus kepada penduduk Ba’labak yang terletak di sebelah barat kota Damaskus. Saat ini kota Ba’labak berada dalam terutorial negara Lebanon. Allah Tabaraka Wa Ta’ala mengutus Nabi Ilyas ‘alaihissalaam kepada penduduk Ba’labak agar menyembah kepada Allah semata dan meninggalkan berhala yang mereka beri nama Ba’l. Sebagian ulama menyebut bahwa Ba’l adalah nama seorang wanita yang mereka sembah. Sebagian lagi berpendapat bahwa Ba’I berarti Rabb. Namun pendapat yang lebih tepat adalah sebagaimana yang dijelaskan Al-Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah bahwa Ba’l adalah nama berhala yang mereka sembah.

 

(Baca Juga : Inilah Pekerjaan Para Nabi Allah)


Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Nabi Ilyas ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

وَزَكَرِيَّا وَيَحْيٰى وَعِيْسٰى وَاِلْيَاسَۗ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَۙ

dan Zakaria, Yahya, Isa dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shaleh. (Q.S. Al-An’aam : 85)

 

Pada ayat di atas disebutkan bahwa Nabi Zakariyya, Nabi Yahya, Nabi ‘Isa dan Nabi Ilyas adalah orang-orang yang sholih. Hal ini tentu saja dikarenakan mereka semua adalah para nabi hamba pilihan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

2

وَاِنَّ اِلْيَاسَ لَمِنَ الْمُرْسَلِيْنَۗ

Dan sesungguhnya Ilyas benar-benar termasuk salah seorang rasul-rasul. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 123)

 

Dalam Tafsir Al-Wajiz karya Syaikh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili menyebutkan bahwa sesungguhnya Ilyas adalah salah satu Nabi Bani Israil dari keturunan Nabi Harun ‘alaihissalaam dan termasuk rasul-rasul mulia yang diutus untuk kaum-kaum mereka.


Dalam Kitab An-Nafahat Al-Makkiyyah karya Syaikh Muhammad bin Shalih Asy-Syawi disebutkan bahwa Allah mengabarkan akan hamba-Nya Ilyas yang dimuliakan dengan kerisalahan.

 

(Baca Juga : 24 Ayat Al-Quran Tentang Kaum Tsamud)


3

سَلٰمٌ عَلٰٓى اِلْ يَاسِيْنَ

(yaitu): "Kesejahteraan dilimpahkan atas Ilyas" (Q.S. Ash-Shaaffaat : 130)

 

Dalam Tafsir Al-Mukhtashar Markaz Tafsir Riyadh disebutkan bahwa ayat di atas sebagai penghormatan dari Allah dan sanjungan kepada Ilyas ‘alaihissalaam. Sementara dalam Tafsir Al-Wajiz disebutkan, “Salam dari Kami dan orang-orang mukmin kepada Ilyas. Ilyasin maknanya adalah Ilyas. Ditambahkan pada kata itu huruf ya’ dan nun karena dia adalah orang ‘ajam seperti Bukit Sinai yang disebut dengan Thuri Sinin.”

 

Itulah berbagai ayat Al-Quranul Hakim yang membicarakan dan menyebutkan tentang Nabi Ilyas ‘alaihissalaam. Semoga tulisan sedikit ini menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita seputar isi dan kandungan Al-Quranul Karim serta menambah pengetahuan kita tentang kisah para nabi Robbuna Jalla Wa ‘Alaa.

 

(Baca Juga : 20 Ayat Al-Quran Tentang Tauhid)


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada malam 10 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon