2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ilyasa’

2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ilyasa’
2 Ayat Al-Quran Tentang Nabi Ilyasa’

AlQuranPedia.Org – Nabi Ilyasa’ ‘alaihissalaam adalah salah satu di antara nabi Allah Tabaraka Wa Ta’ala yang telah diutus di muka bumi. Sebagaimana yang dinukil dari Kitab Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir karya Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al-Asyqar bahwa ada sebagian yang berpendapat Ilyasa’ adalah Khidhir dan ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Ilyasa’ adalah sahabat dari Nabi Idris. Sementara menurut Syaikh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili Nabi Ilyasa’ merupakan Ilyasa’ bin Akhthub.

 

(Baca Juga : Nama-Nama 8 Pintu Surga)


Nabi Ilyasa’ hanya disebut sebanyak 2 kali di dalam Al-Quran, sekali di dalam Surat Al-An’aam dan sekali lagi di dalam Surat Shad. Ada satu riwayat berkenaan mengenai Ilyasa’ yaitu dari Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari jalan Dawud bin Abi Hind, dari Mujahid bahwa ia berkata, ketika usia Ilyasa’ sudah tua, ia berkata, “Wahai sekiranya ku mengangkat seseorang untuk memimpin manusia di masa hidupku agar aku melihat tindakannya……” Hingga akhir riwayat yang berkenaan juga mengenai Nabi Dzulkifli.

 

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan tentang Nabi Ilyasa’ ‘alaihissalaam. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1

وَاِسْمٰعِيْلَ وَالْيَسَعَ وَيُوْنُسَ وَلُوْطًاۗ وَكُلًّا فَضَّلْنَا عَلَى الْعٰلَمِيْنَۙ

dan Ismail, Ilyasa', Yunus dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan derajatnya di atas umat (di masanya), (Q.S. Al-An’aam : 86)

 

Pada ayat disebutkan bahwa Nabi Isma’il, Nabi Ilyasa’, Nabi Yunus dan Nabi Luth telah dilebihkan Allah Ta’ala derajatnya. Ayat ini menjelaskan bahwa Nabi Ilyasa’ memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah sehingga digandengkan dengan sebagian Nabi yang tinggi pula kedudukannya di sisi Allah.

 

(Baca Juga : 9 Ayat Al-Quran Tentang Madyan)


2

وَاذْكُرْ اِسْمٰعِيْلَ وَالْيَسَعَ وَذَا الْكِفْلِ ۗوَكُلٌّ مِّنَ الْاَخْيَارِۗ

Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa' dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik. (Q.S. Shaad : 48)

 

Pada ayat di atas disebutkan bahwa Nabi Isma’il, Nabi Ilyasa’ dan Nabi Dzulkifli adalah termasuk orang-orang yang paling baik. Ayat ini juga menegaskan bahwa Ilyasa’ memiliki kedudukan dan keutamaan yang tinggi karena digandengkan dengan para nabi yang sholih.

 

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan dan menyebutkan tentang Nabi Ilyasa’ ‘alaihissalaam. Semoga tulisan sederhana ini dapat menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan kita mengenai nabi-nabi Allah Tabaraka Wa Ta’ala dan juga menambah pengetahuan kita mengenai isi kandungan Al-Quranul Karim.

 

(Baca Juga : Lelaki dari Damaskus)


Semoga bermanfaat.

 

Diselesaikan pada malam 10 Ramadhan 1444 Hijriyah/31 Maret 2023 Masehi.


EmoticonEmoticon