Ini Dia Suara Yang Paling Jelek

Ini Dia Suara Yang Paling Jelek
Ini Dia Suara Yang Paling Jelek
AlQuranPedia.Org – Kalau kita membaca surah Luqman maka kita akan disuguhkan kisah Luqman dan anaknya. Luqman adalah salah seorang yang shalih dan taat kepada Allah. Sampai-sampai Allah mengabadikan namanya sebagai nama salah satu surat di Al-Quran, yaitu surat Luqman, surat ke-31. Adapun kisah Luqman dengan anaknya berisi tentang nasehat-nasehat penting dan berharga dari Luqman terhadap anaknya tersebut.


Luqman mengawali nasehatnya dengan tauhid, pentingnya tauhid dan bahayanya syirik. Ini wajib dijadikan contoh bagi para orang-orangtua

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar." (Q.S. Luqman : 13)

Nasehat Luqman kepada anaknya ini tercantum di dalam Surah Luqman ayat 13 sampai ayat 19. Di antara ayat tersebut diselingi ayat tentang orangtua. Adapun nasehat terakhir dari Luqman adalah tentang adab dan akhlak, yakni sederhana dalam berjalan dan melunakkan suara. Nasehat tersebut diakhiri dengan keterangan bahwa sejelek-jelek suara adalah suara keledai.

Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai. (Q.S. Luqman : 19)


Jadi suara yang paling jelek di sisi Allah adalah suara keledai. Di dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan ketika mengutip pernyataan Imam Mujahid dan lainnya, bahwa sesungguhnya suara yang paling buruk/jelek adalah suara keledai, maknanya suara yang keras berlebihan itu diserupakan dengan suara keledai dalam hal keras dan nada tingginya, selain itu suara tersebut tidak disukai oleh Allah. Adanya penyerupaan dengan suara keledai ini menunjukkan bahwa hal tersebut diharamkan dan sangat dicela. Kemudian Ibnu Katsir membawakan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Tiada pada kita suatu perumpamaan buruk terhadap orang yang mengambil kembali hibahnya (melaikan) seperti anjing yang muntah, lalu ia memakan lagi muntahannya.” (HR. Bukhari) - (Tafsir Al-Quran Al-‘Adzhim, 10: 58)

Kalau kita belum pernah mendengar suara keledai, kita bisa cari di internet dan di youtube. Di sana kita bisa mendengarnya dengan jelas.

Syaikh 'Abdurrahman As-Sa’di mengatakan, “Seandainya mengeraskan suara dianggap ada faedah dan manfaat, tentu tidak dinyatakan secara khusus dengan suara keledai yang sudah diketahui jelek dan menunjukkan kelakuan orang bodoh.” (Taisir Al-Karimir Rahman, hal. 648)

Mengenai suara keledai ini, disebutkan di dalam sebuah hadits bahwa siapa yang mendengar ringkikan keledai pada malam hari, hendaklah dia memohon perlindungan kepada Allah dari gangguan setan, karena keledai tersebut telah melihat setan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersaba, “Apabila kalian mendengar ayam jantan berkokok di waktu malam, maka mintalah anugrah kepada Allah, karena sesungguhnya ia melihat malaikat. Namun apabila engkau mendengar keledai meringkik di waktu malam, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguan syaithan, karena sesungguhnya ia telah melihat syaithan.” (HR. Bukhari no. 3303 dan Muslim no. 2729)

Jadi itulah bahasan singkat kita mengenai suara yang paling jelek. Semoga menambah ilmu dan wawasan kita semua.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 20 Dzulhijjah 1439 Hijriyah/1 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon