Biografi Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal

Biografi Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal
Biografi Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal
AlQuranPedia.Org - Beliau adalah Abu Rumaysho Muhammad Abduh Tuasikal atau biasa kita kenal Ustadz Abduh Tuasikal. Beliau memiliki website yang sangat populer yang sepertinya tidak asing lagi di telinga kita, yakni Rumaysho.Com. Website yang kaya akan ilmu, penuh hujjah dan memiliki banyak manfaat. Website tersebut diambil dari nama anak pertama beliau yaitu Rumaysho Tuasikal. Beliau merupakan salah satu da'i salafi yang aktif dalam mengajar dan menulis. Beliau adalah pimpinan Pesantren Darush Sholihin, Panggang Gunung Kidul, Yogyakarta. Beliau juga sempat beberapa kali mengadakan Tabligh Akbar bersama asatidzah lainnya seperti bersama Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA dan Ustadz Dr. Firanda Andirja, MA hafidzhahumallah.

Pada tulisan kali ini blog Al-Quran Pedia akan membahas mengenai biografi dari Al-Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal hafidzhahullah. Biografi beliau kami kutip langsung dari website beliau Rumaysho.Com dengan beberapa perubahan dan tambahan.


Profil Singkat

Nama beliau adalah Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. Beliau lahir di Ambon, 24 Januari 1984 dari pasangan Usman Tuasikal, S.E. dan Zainab Talaohu, S.H. Beliau berdarah Ambon, namun pendidikan SD sampai SMA diselesaikannya di kota Jayapura, Papua (dulu Irian Jaya).

Saat ini, beliau tinggal bersama istri tercinta (Rini Rahmawati) dan tiga anak, yaitu Rumaysho Tuasikal (putri), Ruwaifi’ Tuasikal (putra), dan Ruqoyyah Tuasikal (putri) di Dusun Warak, Desa Girisekar, Panggang, Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta.

Pendidikan

Beliau tidak memiliki latar belakang pendidikan agama; pendidikan SD sampai SMA beliau tempuh di jenjang pendidikan umum. Saat kuliah di Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (2002-2007), barulah beliau merasakan indahnya ajaran Islam dan nikmatnya menuntut ilmu agama, berawal dari belajar bahasa Arab, khususnya ilmu nahwu. Saat kuliah di Kampus Biru tersebut, beliau sekaligus belajar di pesantren mahasiswa yang bernama Ma’had Al-‘Imi (di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari) tahun 2004-2006, dengan pengajar dari Ponpes Jamillurrahman dan Islamic Center Bin Baz. Waktu belajar kala itu adalah sore hari selepas pulang kuliah. Selain belajar di pesantren mahasiswa tersebut, beliau juga belajar secara khusus dengan Ustadz Abu Isa. Yang lebih lama, beliau belajar secara khusus pada Ustadz Aris Munandar, M.P.I. selama kurang-lebih enam tahun dengan mempelajari ilmu ushul dan kitab karangan Ibnu Taimiyyah serta Ibnul Qayyim.

Pada tahun 2010, beliau bertolak menuju Kerajaan Saudi Arabia – tepatnya di kota Riyadh – untuk melanjutkan studi S-2 Teknik Kimia di Jami’ah Malik Su’ud (King Saud University). Konsentrasi yang beliau ambil adalah Polymer Engineering. Pendidikan S-2 tersebut selesai pada Januari 2013 dan beliau kembali ke tanah air pada awal Maret 2013. Saat kuliah itulah, beliau belajar dari banyak ulama, terutama empat ulama yang sangat berpengaruh pada perkembangan ilmu beliau, yaitu Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al-Fauzan (anggota Al-Lajnah Ad-Da’imah dan ulama senior di Saudi Arabia), Syaikh Dr. Sa’ad bin Nashir Asy-Syatsri (anggota Haiah Kibaril ‘Ulama pada masa silam dan pengajar di Jami’ah Malik Su’ud), Syaikh Shalih bin ‘Abdullah Al-‘Ushaimi (ulama yang terkenal memiliki banyak sanad dan banyak guru), dan Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir Al-Barrak (anggota Haiah Tadris Jami’atul Imam Muhammad bin Su’ud terdahulu).

Ulama lainnya yang pernah beliau gali ilmunya adalah Syaikh ‘Ubaid bin ‘Abdullah Al-Jabiri, Syaikh Dr. ‘Abdus Salam bin Muhammad Asy-Syuwai’ir, Syaikh Dr. Hamd bin ‘Abdul Muhsin At-Tuwaijiri, Syaikh Dr. Sa’ad bin Turki Al-Khatslan, Syaikh Dr. ‘Abdullah bin ‘Abdul ‘Aziz Al-‘Anqari, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah Alu Syaikh (Mufti Saudi Arabia), Syaikh Shalih bin ‘Abdullah bin Humaid (penasihat kerajaan dan anggota Haiah Kibaril Ulama’), Syaikh Shalih bin Muhammad Al-Luhaidan (anggota Haiah Kibaril Ulama’), Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah Ar-Rajihi (profesor di Jami’atul Imam Muhammad bin Su’ud), Syaikh Dr. ‘Abdullah bin Nashir As-Sulmi, Syaikh Khalid As-Sabt, Syaikh ‘Abdul ‘Aziz As-Sadhan, Syaikh ‘Abdul Karim Khudair, Syaikh ‘Abdurrahman Al-‘Ajlan (pengisi di Masjidil Haram Mekkah), dan Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Ath-Tharifi (seorang ulama muda).

Beliau pernah memperoleh sanad dua puluh kitab – mayoritas adalah kitab-kitab karya Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab – yang bersambung langsung sampai penulis kitab melalui guru beliau, Syaikh Shalih bin ‘Abdullah Al-‘Ushaimi. Sanad tersebut diperoleh dari Daurah Barnamij Muhimmatul ‘Ilmi selama delapan hari di Masjid Nabawi Madinah An-Nabawiyyah, 5-12 Rabi’ul Awwal 1434 H.

Menulis artikel di berbagai situs internet dan menyusun buku Islam adalah aktivitas keseharian beliau semenjak lulus dari bangku kuliah S-1 di UGM, tepatnya setelah memiliki istri. Dengan kapabilitas ilmiah, beliau dipercaya untuk menjadi Pemimpin Redaksi Muslim.Or.Id. Beliau menunangkan kegemaran menulisnya dalam situs pribadi, Rumaysho.Com. Karya-karya tulis beliau yang bertema keislaman dapat dilihat di dua situs tersebut, serta di situs PengusahaMuslim.Com, RemajaIslam.Com, dan KonsultasiSyariah.Com.

Di tengah padatnya aktivitas menulis, beliau meluangkan waktu untuk mengisi beberapa pengajian-Islam rutin di kota Yogyakarta dan Wonosari (Gunung Kidul). Dalam beberapa kesempatan, beliau juga mengisi pengajian-Islam di luar kota. Rekaman kajian tersebut dapat diperoleh dalam bentuk audio di Kajian.Net dan dalam bentuk visual di Yufid.TV.

Tugas yang begitu penting yang beliau emban saat ini adalah menjadi Pemimpin Pesantren Darush Shalihin di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pesantren tersebut adalah pesantren masyarakat, yang mengasuh TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dan kajian keagamaan. Selain itu, beliau juga menjadi pembina Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI). Di sisi lain, beliau juga mengelola bisnis di toko online Ruwaifi.Com dan BukuMuslim.Co serta sedang merintis situs pelajaran kimia, Kimiaku.Com.


Sanad Kitab

Ustadz Abduh Tuasikal memiliki ijazah sanad kitab yang sampai langsung kepada beliau melalui Syaikh Shalih bin ‘Abdullah Al-‘Ushaimi

1. Ta’zhimul ‘Ilmi (Syaikh Sholih bin ‘Abdullah bin Hamad Al ‘Ushoimi)
2. Tsalatsatul Ushul (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab)
3. Manzhumah Al Qowa’id Al Fiqhiyyah (Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di)
4. Al Qowa’idul Arba’ (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab)
5. Al Arba’in An Nawawiyah (Imam Yahya bin Syarf An Nawawi)
6. Al ‘Aqidah Al Wasithiyah (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah)
7. Kitab At Tauhid (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab)
8. Kasyfu Syubuhat (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab)
9. Fadhlul Islam (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab)
10. Muqoddimah fii Ushulit Tafsir (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah)
11. Al Muqoddimah Al Fiqhiyyah Ash Shugro (Syaikh Sholih bin ‘Abdullah bin Hamad Al ‘Ushoimi)
12. Al Muqoddimah Al Ajurromiyah (Muhammad bin Muhammad bin Ajurrom Ash Shinhaji)
13. Nukhbatul Fikar (Ahmad bin ‘Ali bin Hajar Al ‘Asqolani)
14. Al Waroqot fii Ushulil Fiqh (‘Abdul Malik bin ‘Abdullah bin Yusuf Al Juwainiy)
15. Tafsir Al Fatihah wa Qhishorul Mufasshol (Syaikh Sholih bin ‘Abdullah bin Hamad Al ‘Ushoimi)
16. Az Ziyadah Ar Rojabiyah ‘ala Al Arba’in An Nawawiyah (Ibnu Rajab Al Hambali)
17. Khulashoh Muqoddimah Ushul At Tafsir (Syaikh Sholih bin ‘Abdullah bin Hamad Al ‘Ushoimi)
18. Nazhom Al Ajurumiyah (Muhammad bin Abb bin Humaid Al Muzzammiriy)
19. Ar Rutbah Nazhom An Nukhbah (Muhammad bin Muhammad bin Hasan Asy Syumunniy)
20. Minahul Fa’al fii Nazhom Waroqot Abil Ma’al (Muhammad bin Al Mukhtar bin Ahmad Al Kuntiy)
Sanad di atas diperoleh Ustadz Abduh dari Dauroh Barnamij Muhimmatul ‘Ilmi selama 8 hari di Masjid Nabawi Madinah Nabawiyah, 5-12 Rabi’ul Awwal 1434 H.

Karya-Karya Ustadz Abduh Tuasikal

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal hafidzhahullah memiliki banyak karya dan tulisan. Di antaranya adalah sebagai berikut dan -insya Allah- terus bertambah:

1. Bagaimana Cara Beragama yang Benar? (Terjemahan Syarh Al-‘Aqidah Ath-Thohawiyyah), terbitan Pustaka Muslim, tahun 2008.
2. Panduan Ramadhan, terbitan Pustaka Muslim, hingga cetakan ketujuh, tahun 2015.
3. Dzikir Pagi Petang (Disertai Dzikir sesudah Shalat dan Dzikir sebelum Tidur), terbitan Pustaka Muslim (ukuran besar dan kecil), hingga cetakan ketiga tahun 2014.
4. Mengikuti Ajaran Nabi Bukanlah Teroris, terbitan Pustaka Muslim, hingga cetakan kedua di tahun 2013.
5. Panduan Amal Shalih di Musim Hujan, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2013.
6. Kenapa Masih Enggan Shalat, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2014.
7. Bermodalkan Ilmu Sebelum Berdagang (Serial 1 – Panduan Fikih Muamalah), terbitan Pustakan Muslim, tahun 2014.
8. 10 Pelebur Dosa, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2014.
9. Panduan Zakat, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2014.
10. Panduan Qurban dan Aqiqah, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2014.
11. Mengenal Bid’ah Lebih Dekat, terbitan Pustaka Muslim, hingga cetakan kedua tahun 2014.
12. Natal, Hari Raya Siapa?, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2014.
13. Kesetiaan pada Non-Muslim, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2014.
14. Imunisasi, Lumpuhkan Generasi (bersama tim), terbitan Pustaka Muslim, tahun 2015.
15. Pesugihan Biar Kaya Mendadak, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2015.
16. Dzikir Pagi Petang (Dilengkapi Dzikir Sesudah Shalat dan Dzikir Terkait dengan Tidur, Disertai Petunjuk dalam Dzikir dan Faedah dari Dzikir yang Dibaca), terbitan Pustaka Muslim, tahun 2015.
17. Sifat Shalat Nabi, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2015.
18. Dzikir Pagi Petang Edisi Transliterasi (Dilengkapi Dzikir Sesudah Shalat dan Dzikir Terkait dengan Tidur, Disertai Petunjuk dalam Dzikir dan Faedah dari Dzikir yang Dibaca), terbitan Pustaka Muslim, tahun 2015.
19. Panduan Ibadah Saat Safar, terbitan Pustaka Muslim, tahun 2015.

Kontak dan Media Sosial Ustadz Abduh Tuasikal

1. Konsultasi SMS: 0823 139 50500
2. Telepon dan WhatsApp (WA): 0812 2601 4555
3. Email: rumaysho@gmail.com
4. Situs pribadi: Rumaysho.Com (Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat)
5. Facebook (FB): Muhammad Abduh Tuasikal
6. Facebook Fans Page: Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat
7. Twitter: @RumayshoCom
8. Instagram: @RumayshoCom, @RumayshoTV, @MuslimMyWay, @RuwaifiCom
9. Instagram pribadi Ustadz Abduh : @mabduhtuasikal

Sumber dikutip dari website Rumaysho dan lainnya

Itulah biografi singkat dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal hafidzhahullah. Semoga Allah Ta'ala menjaga beliau, membalas kebaikan-kebaikan beliau, dan memberi beliau keistiqomahan. Semoga Allah juga menjaga dan merahmati para ulama dan da'i-da’i kita semuanya.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 29 Muharram 1440 Hijriyah/9 Oktober 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon