Prinsip Dakwah Salafiyyah

Prinsip Dakwah Salafiyyah
Prinsip Dakwah Salafiyyah

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمدلله رب العالمين والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Saudaraku Rahimakumulloh...
Telah kita dapati berbagai macam "Julukan" disematkan kepada" Salafy ",
dari mulai wahabi, talafy, takfiri, pemegang kunci surga, merasa benar sendiri, hingga pemecah belah umat.

(Baca Juga : Bukti Para Nabi Beragama Islam)

Padahal yang sebenarnya adalah, prinsip dakwah yang sering disebut sebagai dakwah sunnah atau dakwah salafiyyah yang kami pahami sangatlah sederhana.
Berikut rinciannya :

1. Dakwah Salafiyah ini mengajak untuk Bertauhid(Memurnikan ibadah hanya kepada Allah ﷻ) , baik dalam pengagunganNya sebagai satu-satunya pencipta, dalam peribadatan kepadaNya dan dalam memahami semua sifat-sifatNya.

2. Dakwah Salafiyah ini mengajak untuk beramal sesuai apa-apa yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ, tanpa ditambah-tambah atau dikurangi, diada-adakan apalagi di ubah-ubah.

3. Dakwah Salafiyah ini mengajak untuk hanya mengikuti pemahaman kaum terdahulu yang dikenal dengan generasi emasnya umat islam(yaitu para sahabat Ridhwanu alaihim ajma'in)

4. Dakwah Salafiyah ini mengajak setiap orang untuk lebih dulu berilmu sebelum beramal, kritis dalam memahami dalil-dalil dari setiap amalan.

5. Dakwah Salafiyah ini mengajak untuk patuh kepada pemerintah yang sah, kecuali dalam kemaksiatan.

(Baca Juga : 17 Ayat Al-Quran Tentang Lauh Mahfudz)

6. Dakwah Salafiyah ini mengajak untuk jujur, mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah berdasarkan Quran dan Sunnah yang dipahami oleh para Salafush-shalih (Kaum terdahulu)

7. Dakwah Salafiyyah dalam penyampaiannya, selalu merujuk kepada firman Allah ﷻ dan sabda Nabi Muhammad ﷺ yang dipahami oleh generasi emas islam(para sahabat)

8. Dakwah Salafiyah ini mengajak untuk tidak berlebih-lebihan dalam menjalankan syariat, juga tidak bermudah-mudahan, namun menempuh jalan pertengahan.

9. Dakwah Salafiyah ini mengajak umat untuk memahami bahwa tujuan dakwah adalah penyampaian, bukanlah pemaksaan apalagi kekerasan.

10. Dakwah Salafiyah ini mengajak hanya tunduk dan patuh kepada Allah ﷻ dan RasulNya ﷺ, bukan kepada ulama, tokoh, golongan atau kelompok.

12. Dakwah Salafiyah ini mengajak untuk mencintai Rasulullah ﷺ sebagaimana yang dilakukan oleh para sahabat dengan tidak berlebih-lebihan.

Kesimpulan dan tujuan akhir dakwah Salafiyah ini adalah mengajak umat untuk kembali kepada kemurnian syariat agama yang diturunkan
Allah ﷻ melalui Rasul Nya Muhammad ﷺ.

Saudaraku Rahimaniyiallohu wa iyyakum...

Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi pencerahan untuk kita dan sebagai pembanding bagi siapa saja yg masih keliru dalam menilai Dakwah Salafiyah....

(Baca Juga : 16 Ayat Al-Quran Tentang Jahannam)

Semoga bermanfaat,
بارك الله لي ولكم
وفقني الله وإياكم لما يحبه و يرضاه

Al faqir ila maghfirati rabbih
Fajrin Abu Yahya وفقه الله..✍️

Tulisan Al-Ustadz Fajrin Abu Yahya hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/1991277107606965/posts/2145868735481134/


EmoticonEmoticon