Tawadhu'nya Syaikh Muhammad Al-Imam

Tawadhu'nya Syaikh Muhammad Al-Imam
Tawadhu'nya Syaikh Muhammad Al-Imam

KETAWADHUAN ASY-SYAIKH MUHAMMAD IBN ABDILLAH AL-IMAM -hafizhahullah-

Ketika penjagaan terhadap Syaikhuna Al-Imam hafizhahullah semakin ketat maka sudah 3 tahun belakangan ini beliau tidak pernah mengunjungi kami di asrama, baik itu ketika Idul-Fitri dan Idul-Adha atau hari lainnya. Sehingga setiap lebaran kami harus ikutan masuk ke Maktabah untuk menyalaminya, yang tentu dengan penjagaan yang ketat, dan hanya sekedar bersalaman tangan.

Idul-fitri tahun ini, kami Thullab Indonesia masuk ke Maktabah untuk menyalami beliau. Setelah itu kami keluar dan ngumpul-ngumpul di asrama, makan snek bareng apa adanya.

(Baca Juga : Singa Negeri Mesir)

Sedang asyiknya bercerita dan bercanda, makan snek lebaran seadanya dalam suasana Idul-fitri yang berbahagia ini, tiba-tiba seorang pengawal Syaikh di depan pintu melihat kami dengan pandangan kesana kemari memperhatikan isi asrama. Kami pun serentak berkata: Syaikh Al-Imam, Syaikh Al-Imam mau datang...!, Kami pun merapikan apa yang bisa dirapikan sekedarnya.

Tiba-tiba Syaikh Al-Imam masuk dengan 2 pengawal bersenjata beliau, beliau pun memberi salam. Kami langsung berdiri menyambut beliau. Satu persatu dari kami menjabat tangan beliau dan memeluknya. Sampai pada giliran saya, saya pun menjabat tangan beliau, memeluknya dan mencium kepala beliau (saya berkata dalam hati: mungkin ini terakhir kali saya mencium beliau).

Setelah menyalami beliau, beliau memperhatikan asrama kami, sambil berjalan ditemani satu penjaga. Beliau melihat tempat tidur kami yang diberi sekat, masing-masing memiliki sekat, beliau berkata: mukhifah (menakutkan)! Heheh. Ya, asrama orang-orang Yaman tidak boleh disekat, beliau tidak membolehkannya, sehingga semuanya tidur berdekatan. Beliau begitu lembut kepada kami, sehingga kadang sebagian aturan di Darul-Hadits hanya berlaku kepada orang Yaman, tidak berlaku kepada kami.

Setelah itu beliau bertanya kepada kami apa yang kami butuhkan, kami menjawab:  "jazaakallahu khairan ya Syaikh, apa yang kalian berikan kepada kami telah mencukupi."
Beliau pun keluar kembali ke ruangan beliau di Maktabah.

Hafizahullah wa Ra'ah.

(Baca Juga : Jual Beli, Tahiyyatul Masjid dan I'tifkaf)

🗓10 Syawwal 1440
✍🏻Muhammad Abu Muhammad Pattawe,
🕌Darul-Hadits Ma'bar-Yaman.

Tulisan Al-Ustadz Abu Muhammad Pattawe hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=554756208387047&id=100015580180071


EmoticonEmoticon