Ibnu Taimiyyah Mlempem Tidak Punya Manhaj?

Ibnu Taimiyyah Mlempem Tidak Punya Manhaj?
Ibnu Taimiyyah Mlempem Tidak Punya Manhaj?
Di antara keutamaan syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah adalah kokoh dalam aqidah dan manhaj, akan tetapi beliau  pertengahan, inshof dan proporsional dalam bersikap dan menempatkan segala hal.

Karena memang ahulussunnah adalah kaum pertengahan di antara seluruh milal wan nihal (kelompok dan paham pemikiran), sebagaimana Islam juga pertengahan di antara saa-iril adyaan (seluruh agama).

Seandainya Anak-anak yang "sok kokoh" itu membaca ucapan syaikhul Islam ttg keinshofan tanpa tau itu ucapannya syaikhul Islam, Mungkin mereka langsung menggelari pemilik ucapan dg seabrek gelaran, mulai dari  lembek, mlempem,  tak punya manhaj dst.

Tapi biarlah...namanya juga anak2.... Nnti kalo udah dewasa, udah Mateng keilmuannya, baru dia akan tau akan kekerdilan dirinya.

(Baca Juga : Otopsi Mayat, Bolehkah?)

Berikut contoh keadilan dan keinshofan Ibnu Taimiyah dalam bersikap bahkan kepada ahli Bid'ah sekalipun...apalagi kepada sesama ahulussunnah yang hanya trjatuh pada kesalahan.

 🍂قال الإمام #ابن_تيمية :

🖋 ثم إنه ما من هؤلاء -يعني علماء أهل الكلام من الأشاعرة وغيرهم :

- إلا له في الإسلام مساعٍ مشكورة  وحسنات مبرورة

- وله في الردّ على كثير من أهل الإلحاد والبدع ، والانتصار لكثيرٍ  من أهل السنة والدين ما لا يخفى على من عرف أحوالهم وتكلّم فيهم بصدقٍ  وعدل وإنصاف .

- لكن لما التبس عليهم هذا الأصل المأخوذ ابتداءً عن المعتزلة . وهم فضلاء عقلاء  احتاجوا إلى طرده والتزام لوازمه ، فلزمهم بسبب ذلك من الأقوال ما أنكرها المسلمون من أهل العلم والدين ، وصار الناس بسبب ذلك ؛

- منهم من يعظّمُهم لما لهم من المحاسن والفضائل ومنهم من يذمّهم لما وقع في كلامهم من البدع والباطل  وخيارُ الأمور أوسطها  ،

- وهذا ليس مخصوصاً بهؤلاء ، بل مثل هذا وقع لطوائف من أهل العلم والدين والله تعالى يتقبل من جميع عباده المؤمنين الحسنات ويتجاوز لهم عن السيئات ،

- ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلاً للذين آمنوا ربنا إنك رؤف رحيم "

📙درء تعارض العقل والنقل : 64/1

(Baca Juga : 20 Ayat Al-Quran Tentang Tauhid)

Contoh lain:

[وَإِذَا اجْتَمَعَ فِي الرَّجُلِ الْوَاحِدِ خَيْرٌ وَشَرٌّ وَفُجُورٌ وَطَاعَةٌ وَمَعْصِيَةٌ وَسُنَّةٌ وَبِدْعَةٌ: اسْتَحَقَّ مِنْ الْمُوَالَاةِ وَالثَّوَابِ بِقَدْرِ مَا فِيهِ مِنْ الْخَيْرِ وَاسْتَحَقَّ مِنْ الْمُعَادَاتِ وَالْعِقَابِ بِحَسَبِ مَا فِيهِ مِنْ الشَّرِّ فَيَجْتَمِعُ فِي الشَّخْصِ الْوَاحِدِ مُوجِبَاتُ الْإِكْرَامِ وَالْإِهَانَةِ فَيَجْتَمِعُ لَهُ مِنْ هَذَا وَهَذَا كَاللِّصِّ الْفَقِيرِ تُقْطَعُ يَدُهُ لِسَرِقَتِهِ وَيُعْطَى مِنْ بَيْتِ الْمَالِ مَا يَكْفِيهِ لِحَاجَتِهِ. هَذَا هُوَ الْأَصْلُ الَّذِي اتَّفَقَ عَلَيْهِ أَهْلُ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ

Ibn Taimiyah, Majmu' al-Fatawa (Al-Madinah: Majma' Malik Fahd, 1416 H), Vol. 28 hal. 209

========
Contoh lain sebagiaman diungkapkan muridnya syaikhul Islam (Al Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah) :

وما رأيت أحدا قط أجمع لهذه الخصال من شيخ الإسلام ابن تيمية - قدس الله روحه - وكان بعض أصحابه الأكابر يقول: وددت أني لأصحابي مثله لأعدائه وخصومه. وما رأيته يدعو على أحد منهم قط، وكان يدعو لهم.

وجئت يوما مبشرا له بموت أكبر أعدائه، وأشدهم عداوة وأذى له. فنهرني وتنكر لي واسترجع. ثم قام من فوره إلى بيت أهله فعزاهم، وقال: إني لكم مكانه، ولا يكون لكم أمر تحتاجون فيه إلى مساعدة إلا وساعدتكم فيه. ونحو هذا من الكلام. فسروا به ودعوا له. وعظموا هذه الحال منه. فرحمه الله ورضي عنه.

،============

Coba bagaimana menurut anda respon anak2 "sok kokoh" itu jika ngerti bahasa Arab terhadap ucapan beliau di atas???

Memang benar bahwa kebodohan itu mendatangkan musuh...semua orang yang ngk sama dengannya langsung dianggap musuh.

Semoga Allah merahmati murid syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Ibnu Qoyyim al-Jawziyah, beliau berkata:

أصل كل خير هو العلم والعدل
وأصل كل شر هو الجهل والظلم

Pondasi dari semua kebaikan adalah ilmu dan keadilan

Dan pondasi dari semua kejelekan adalah kebodohan dan kezhaliman.

(Baca Juga : Khutbah Syaikh Muhammad Sa'id Ruslan)

Tulisan Al-Ustadz Fadlan Fahamsyah, Lc, M.HI hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=1409949719160305&id=100004358714062


EmoticonEmoticon