Ketakutan Ulama Salaf Terhadap Godaan Wanita


Oleh Ustadz Almanazil Billah, Lc hafizhahullah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Al-Imam Maimun bin Mihran rahimahullah berkata,

لأن أوتمن على بيت مال أحب إلي من أن أوتمن على امرأة

“Aku diberi amanah untuk menjaga Baitul Mal lebih aku sukai daripada aku diberi amanah untuk menjaga seorang wanita.” (Siyar A’lamin Nubala 5/ 77)

Al-Imam ‘Atha rahimahullah berkata,

لو ائتمنت على بيت مال لكنت أمينا ولا آمن نفسي على أمة شوهاء. قلت أي الإمام الذهبي صدق رحمه الله

“Seandainya aku diberi amanah untuk menjaga Baitul Mal tentu aku bisa dipercaya, tapi aku tidak percaya terhadap diriku untuk bisa amanah dalam menjaga seorang budak wanita yang buruk mukanya.”

Al-IImam Adz-Dzahabi mengomentari, “Sungguh benar yang dikatakan beliau, semoga Allah merahmati beliau.” (Siyar A’lamin Nubala 5/87-88)

Al-Imam Adz-Dzahabi juga menyebutkan: Dari Sufyan bin Uyainah, dari Ali bin Zaid, dari Said bin Al Musayyab, beliau berkata,

ما أيِسَ الشيطان مِنْ شيء إلا أتاه مِن قِبَل النساء.
ثم قال لنا سعيد وهو ابن أربع وثمانين سنة وقد ذهبت إحدى عينيه وهو يعشو بالأخرى ما شيء أخوف عندي من النساء

“Tidaklah setan putus asa dari sesuatu kecuali dia akan mendatanginya dari arah wanita.”

Kemudian Said pernah berkata kepada kami, dalam keadan beliau sudah berumur 84 tahun, dan salah satu matanya buta dan yang satunya lagi sudah rabun,

“Tidak ada satu pun yang lebih aku takuti daripada godaan wanita.” (Siyar A’lamin Nubala 4/237)

Al-Imam Adz-Dzahabi juga menyebutkan: Dari Sallam bin Miskin, telah mengatakan kepada kami Imran bin Abdullah Al-Khuzai, beliau berkata berkata, Said bin Al Musayyab berkata,

ما خِفْتُ على نفسي شيئاً مخافةَ النساء ،قالوا: يا أبا محمد! إن مثلك لا يُريدُ النساء ،ولا تُريدُهُ النساء ، فقال: هو ما أقول لكم. وكان شيخاً كبيراً أعمش

“Aku tidak merasa takut terhadap apa pun pada diriku seperti takutnya aku terhadap godaan wanita.”

Mereka bertanya, “Wahai Abu Muhammad, orang seperti Anda memang sudah tidak menginginkan wanita dan wanita pun tidak ada yang mau dengan Anda.”

Beliau berkata, “Inilah yang aku maksudkan di hadapan kalian.”

Yaitu beliau masih takut godaan wanita padahal beliau seorang kakek yang sudah tua yang rabun pandangannya.” (Siyar A’lamin Nubala’ 4/241)

Dari Sahabat Anas bin Malik, semoga Allah meridhainya, beliau berkata,

إذا مرت بك مرأة فغمض عينيك حتى تجاوزك

“Jika ada seorang wanita yang berlalu di hadapanmu maka pejamkanlah matamu hingga dia berlalu pergi.” (Al-Wara’ libni Abi Dunya: 72)

Dari Ibnu Umar, semoga Allah meridhainya, beliau berkata,

من تضييع الأمانة النظر في الحجرات و الدور

“Di antara bentuk menyia-nyiakan amanah adalah melihat-lihat ke kamar-kamar dan rumah rumah (orang lain).” (Al-Wara, Ibnu Abid Dunya: 71)

Dari Salman Al-Farisi, semoga Allah meridhainya, beliau berkata,

لأن أموت ثم أنشر ثم أموت ثم أنشر ثم أموت ثم أنشر أحب إلي من أن أرى عورة مسلم أو يراها مني

“Aku mati kemudian dibangkitkan kemudian mati lagi dan dibangkitkan kemudian mati lagi dan dibangkitkan itu lebih aku sukai daripada aku melihat auratnya seorang muslim atau dia melihat auratku.” (Az-Zuhd li Ahmad: 192)

Dari Humaid bin Hilal, beliau berkata,

كان منا رجل يقال له الأسود بن كلثوم و كان إذا مشى لا يجاوز بصره قدمه و كان يمر وفي الجدر يومئذ قِصرٌ و هناك نسوة ولعل إحداهن تكون واضعة يعني ثوبها أو خمارها فإذا رأينه راعهن ثم يقلن كلا إنه أسود بن كلثوم

“Dulu ada di antara kami ada seorang pria yang bernama Al-Aswad bin Kultsum. Jika berjalan, pandangannya tidak melewati kakinya (tidak mengumbar pandangan). Suatu ketika dia berjalan melintasi dinding-dinding yang tidak terlalu tinggi saat itu. Dan di sana ada banyak wanita. Dan ada salah seorang dari mereka yang sedang tidak mengenakan bajunya atau cadarnya. Ketika para wanita melihatnya maka membuat mereka merasa ketakutan. Kemudian mereka berteriak, “Oh, tidaaak. Itu Aswad bin Kultsum (padahal ia selalu menundukkan pandangan, apalagi terhadap yang tidak menjaga pandangannya).” (Az-Zuhd li Ahmad: 256)

Hatim rahimahullah berkata,

الشهوة ثلاث شهوات : شهوة في الأكل ، و شهوة في الكلام ، و شهوة في النظر ، فاحفظ الأكل بالثقة ، و اللسان بالصدق ، و النظر بالعبرة

“Syahwat itu ada tiga: Syahwat dalam makanan, syahwat dalam pembicaraan dan syahwat dalam pandangan. Jagalah syahwat makanan dengan amanah, syahwat lisan dengan jujur dan syahwat pandangan dengan mengambil pelajaran.” (Syu’abul Iman lil Baihaqi 5/5712)

Ada yang bertanya kepada sebagian mereka (ulama Salaf),

أين نطلبك في الآخرة؟ قال : في زمرة الناظرين إلى الله قيل له كيف علمت ذلك ؟ قال بغضي طرفي له عن كل محرم ، و باجتنابي فيه كل منكر و مأثم

“Di manakah kami nanti mencarimu di akhirat? Dia menjawab, “Di barisan orang-orang yang melihat wajah Allah.”

Ada yang bertanya, “Bagaimana Anda bisa mengetahui hal itu ?” Dia menjawab, “Dengan lantaran aku menundukkan pandanganku dari setiap perkara yg diharamkan dan lantaran aku menjauhi setiap kemungkaran dan dosa.” (Lathaiful Ma’arif: 299)

Dari Waki’ rahimahullah, beliau berkata,

خرجنا مع سفيان الثوري في يوم عيد فقال إن أول ما نبدأ به في يومنا غض ابصارنا

“Kami keluar bersama Sufyan Ats-Tsauri di Hari Raya, maka beliau berkata: Sungguh, pertama yang akan kita lakukan di hari kita ini adalah menundukkan pandangan.” (Al-Wara’ libni Abid Dunya: 66)

Dari Abu Hakim rahimahullah, beliau berkata,

خرج حسان بن أبي سنان يوم العيد فلما رجع قالت له امرأته : كم من امرأة حسنة قد نظرت اليوم إليها؟ فلما أكثرت عليه قال : و يحك ما نظرت إلا في إبهامي منذ خرجت حتى رجعت إليك

“Hasan bin Abi Sinan keluar di hari Raya, maka tatkala beliau kembali berkatalah istrinya: Berapa banyak wanita cantik yang kamu lihat hari ini?

Tatkala istrinya telah mendesaknya maka ia berkata: Ada apa kamu ini, sungguh aku tidak melihat apa pun kecuali ke arah jari jempolku, sejak aku keluar sampai kembali kepadamu.” (Al-Wara’ libni Abid Dunya: 68)

Dari Al-‘Alaa bin Ziyad rahimahullah, beliau berkata,

لا تتبع بصرك رداء المرأة فإن النظر يجعل شهوة في القلب

“Jangan kamu lihat busana wanita, karena sungguh pandangan akan memunculkan syahwat di hati.” (Az-Zuhd li Ahmad: 311)

Dari Ibrahim bin Adham rahimahullah, beliau berkata,

كثرة النظر إلى الباطل تذهب بمعرفة الحق من القلب

“Banyak melihat kebatilan, akan menghilangkan ilmu tentang kebenaran dari hati.” (Hilyatul Auliya 2/8)

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم



Source : sofyanruray.info

✍🏻 Al Quran Pedia


EmoticonEmoticon