7 Ayat Al-Quran Tentang Menangis

7 Ayat Al-Quran Tentang Menangis
7 Ayat Al-Quran Tentang Menangis
AlQuranPedia.Org – Setiap orang pasti pernah tertawa dan menangis. Hal itu adalah alamiah yang dialami setiap orang. Rasa tawa, menangis, senang, sedih dan yang semisalnya merupakan ciptaan Allah Jalla Jalaluh. Sebagai seorang mukmin hendaknya kita memperbanyak menangis daripada tertawa.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Surga dan neraka ditampakkan kepadaku, maka aku tidak melihat tentang kebaikan dan keburukan seperti hari ini. Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu benar-benar akan sedikit tertawa dan banyak menangis." Anas bin Malik -perawi hadits ini- mengatakan, “Tidaklah ada satu hari pun yang lebih berat bagi para sahabat selain hari itu. Mereka menutupi kepala mereka sambil menangis sesenggukan." (HR. Muslim no. 2359)


Terlebih lagi banyak tertawa itu dapat mematikan hati.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah banyak tertawa! Sesungguhnya banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. Tirmidzi. Syaikh Al-Albani mengatakan hadits ini hasan)

Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang menyebutkan dan membicarakan tentang menangis. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis banyak, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan. (Q.S. At-Taubah : 82)

2
Kemudian mereka datang kepada ayah mereka di sore hari sambil menangis. (Q.S. Yusuf : 16)


3
Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu'. (Q.S. Al-Israa’ : 109)

4
Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (Q.S. Maryam : 58)

5
Maka langit dan bumi tidak menangisi mereka dan merekapun tidak diberi tangguh. (Q.S. Ad-Dukhaan : 29)

6
dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis, (Q.S. An-Najm : 43)

7
Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis? (Q.S. An-Najm : 60)

Itulah berbagai ayat Al-Quran yang membicarakan dan menyebutkan tentang menangis. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan kita.


Semoga bermanfaat.


Diselesaikan pada 7 Muharram 1440 Hijriyah/17 September 2018 Masehi.


EmoticonEmoticon