Ilmu Akan Dicabut Dengan Wafatnya Para Ulama

 Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas dan Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas dan Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Gambar ini berulang kali saya tatap, merenungi betapa cepatnya waktu berlalu.  Dahulu tubuhnya sangat tegap, wajahnya terlihat muda, jenggotnya terlihat masih hitam.

Gambar wajah dua tokoh sepuh tersebut membuat saya haru. Yah, haru bercampur sedih. Saat melihat wajah tersebut seketika hati ini menahan kesedihan, cepat atau lambat dua guru kita akan pergi meningglakan. Karena kematian sebuah kepastian..

(Baca Juga : Biografi Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas)

Ya Raab, perjuang mereka, rasa letih, sedikitnya istirahat demi dakwah dan menerangi umat.  Bertambah beratnya beban dari serangan musuh dakwah.

Namun mereka tegar, bersabar menghadapi segala duri dan kerikil dakwah dengan hikmah. Yah, dua ustadz tersebut begitu dewasa. Jika mereka mau, bisa saja menyeru murid dan jama'ahnya untuk balas menyerang. Yah, bisa saja.. Namun seperti itu bukan Jalan Ahlussunnah.

Di usia sepuh mereka, banyak manusia lebih memilih istirahat menenangkan diri bersama keluarga, menikmati masa muda. Namun dengan hikmah Allah dua ustadz tersebut tetap memilih berada di jalan dakwah..

Namun kita, tidak meraskan pahitnya dakwah, tidak merasakan cacian, tidak juga meraskan teror yang datang, namun sering kali kita lalai dari mendoakan asatidzah..

Kami membenci ghuluw, namun kami tahu kedudukan para da'i sepuh. Jika kami harus memilih dua nasehat antara yang sepuh dan junior kami akan memilih yang senior.

Bukankah Rasulullah [ﷺ] bersabda:

البركة مع أكابركم

“Keberkahan itu bersama para pembesar diantara kalian.” [Ash-Shahihah / 1778]

Dan bersabda Rasulullah [ﷺ]:

 إن من أشراط الساعة أن يلتمس العلم عند الأصاغر.

“Sesungguhnya diantara tanda-tanda hari kiamat (yakni) diambilnya 'ilmu di sisi al-Ashoghir (ahli bid’ah).” [Ash-Shahihah / 695]

(Baca Juga : Biografi Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat)

Jangan menjauhkan umat dari sesepuh, namun jangan juga mengajarkan meremehkan yang junior.

Semoga Allah menjaga Ustadz Yazid bin 'Abdul Qadir Jawas حفظ الله dan Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat حفظه الله

Baarakallah fiikum..
______________________
Pagi hari_Yaman

Tulisan Al-Ustadz Abu Naayif Iqbal hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=137563867280668&id=100030811651129


EmoticonEmoticon