Jadikan Negeri Ini Aman

Jadikan Negeri Ini Aman
Jadikan Negeri Ini Aman
Saya beberapa kali ditanya oleh beberapa ikhwan, mengapa kok tidak teruskan kajian di masjid fulan, padahal begini begitu. Bahkan ada kakek-kakek yang suatu hari menemui saya di salah satu masjid, menyatakan kangennya sama saya setelah lama tak lagi hadir di majelis kami. Sembari bertanya mengapa tak teruskan kajian di masjid fulan.

Saya selalu berkata, "Saya dipecat."

Iya. Saya dapat SP3 langsung. Tanpa warning tanpa apa. Setelah 'pemecatan', disebutkan alasan mengapa. Alasan yang kami sendiri terheran.

(Baca Juga : Bekal Dinda Menuju Pelaminan)

Tapi di majelis terakhir, saya menasehati saat itu agar para syabab (pemuda) menghentikan atau tidak ikutan euforia hashtag 'gantipresiden'. Dianjurkan betul-betul agar pemuda lebih menguatkan prinsip dengan ilmu yang benar terlebih dahulu. Dan seterusnya.

Pun sejak gencarnya hashtag, saya telah bertanya, 'jika pihak ini kalah, maka akan sangat sulit menerima'. Terbayang di benak bayangan yang semoga mustahil. Sudah sangat terasa, bahwa semua ini fitnah. Jika diberi kesempatan untuk menghindarinya, maka hal terbijak adalah menghindarinya.

Dan saya sangat merasa, bahwa 'pemecatan' saya itu sebabnya adalah 'nasehat' di atas. Banyak pemuda saat itu hadir. Hadirin ratusan. Bukan jumlah sedikit untuk level saya. Semua menyimak. Namun memang, tentulah beberapa individu merasa panas. Saya tidak bermaksud memanasi. Justru bermaksud memberikan solusi atas kejahilan sebagian insan.

(Baca Juga : Kesabaran Guru dan Murid)

Sering terngiang doa Nabi Ibrahim.

رب اجعل هذا البلد آمنا

Saya ingin negeri ini aman. Sekiranya masih banyak korupsi, kemaksiatan bahkan sampai derajat kesyirikan, saya selalu mendambakan negeri ini masih aman. Sehingga saya bisa shalat di masjid manapun. Saya bisa mengajar di manapun. Saya bisa kirim paket dagangan. Saya bisa kunjungi keluarga. Dan saya ingin semua muslim dan warga Indonesia merasa aman.

Rekan-rekan yang kemarin mengikuti ijtihad sebagian ulama, bolehlah saya beri nasehat sedikit: amankan negeri Anda dengan cara berlepas diri. Jika belum jatuh, jangan menjatuhkan diri. Jika sudah jatuh ke lubang pertama, ada lubang kedua lebih besar menanti. Jika Anda masih mau jatuh lagi, saya tetap memohon kepada Allah agar jadikan negeri ini aman.

(Baca Juga : Memberi Nasehat Tidak Harus Sudah Sempurna)

Tulisan Al-Ustadz Hasan Al-Jaizy, Lc hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=2716488038392564&id=100000941826369


EmoticonEmoticon