Arwah Diangkat Ke 'Arsy Saat Tidur?

Arwah Diangkat Ke 'Arsy Saat Tidur?
Arwah Diangkat Ke 'Arsy Saat Tidur?
Pertanyaan: “Apakah jika manusia tidur, ruhnya akan diangkat hingga ke langit?”

Disebutkan oleh Ibnu Qutaibah, pernyataan yang dinisbatkan kepada Abu ad-Darda’ radhiyallahu anh:

إِذا نَام الْإِنْسَان عرج بِنَفسِهِ حَتَّى يُؤْتى بهَا إِلَى الْعَرْش فَإِن كَانَ طَاهِرا أذن لَهَا بِالسُّجُود وَإِن كَانَ جنبا لم يُؤذن لَهَا فِي السُّجُود

“Jika manusia tidur, maka jiwanya akan diangkat hingga menuju Arsy. Jika ia tidur dalam keadaan suci, maka diizinkan untuknya bersujud. Jika ia dalam keadaan junub, maka tidak diizinkan untuknya bersujud.” [Gharib al-Hadits, 1/159]

(Baca Juga : Lebih Utama Menuntut Ilmu Atau Berdakwah?)

Atsar tersebut sebelumnya juga disebutkan dalam kitab “at-Tarikh al-Kabir” [6/292] oleh al-Bukhary, secara mauquf kepada Abdullah bin Amr. Kadang tersebar di masyarakat atsar di atas, dengan keterangan ringkas setelahnya bertuliskan: diriwayatkan oleh al-Bukhary (رواه  البخاري), sehingga menimbulkan wahm dan persangkaan orang bahwa ia ada dalam Shahih al-Bukhary; maka dihukumi shahih.

Di sini pentingnya kita mengenal beberapa kitab al-Bukhary dan perbedaan manhaj serta bidang yang dimaksud untuk kitab-kitab beliau. Tentu saja apa yang beliau upayakan untuk Shahih-nya berbeda dengan kitab beliau lainnya, seperti al-Adab al-Mufrad, terlebih at-Tarikh. Atsar di atas disebutkan oleh beliau dalam kitab at-Tarikh dan pada akhirannya beliau mengomentari dengan kalimat:

ولا اراه يصح

“Aku tidak memandangnya (atsar ini) shahih!”

Kita tidak mengetahui sesuatu pun yang valid dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengenai terangkatnya ruh ketika manusia tidur. Yang teriwayatkan hanyalah atsar mauquf di atas. Kita tidak mengetahui bagaimana opini para ulama mengenainya, kecuali pandangan al-Bukhary bahwa ia tidak shahih. Wallahu a’lam.

(Baca Juga : Manfaat dan Etika Mengkritik)

Tulisan Al-Ustadz Hasan Al-Jaizy, Lc hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=2846488312059202&id=100000941826369

Semakin Kita Tahu, Semakin Tahu Kita

Semakin Kita Tahu, Semakin Tahu Kita
Semakin Kita Tahu, Semakin Tahu Kita
Sejak saya memiliki team dengan berbagai divisi, saya berhenti mencurigai mengapa pesantren ini atau itu kok 'mahal'. Lebih-lebih ketika bertanya langsung face to face ke seorang ustadz selaku mudir salah satu pesantren yang kata sebagian pihak 'mahal'.

Semua tidak sesederhana logika kita, apalagi sesederhana kabar dari rekan (apalagi kabar liar) yang mewartakan dengan menitipkan jejak emosi atau sakit hati.

Dulu, saya pernah kok  di suatu pagi, seorang ikhwan tjba-tiba datang ke kediaman. Rupanya hanya ingin curhat soal anaknya yang bingung mau disekolahkan di mana. Idealnya di pesantren sunnah. Tapi apa daya. Lalu agak menyudutkan beberapa nama pesantren yang menurutnya keterlaluan mahalnya. Pekerjaan ikhwan ini, afwan, tidak mau saya sebutkan, tapi standar UMR Jakarta. Sebenarnya saya menyarankan agar disekolahkan di pesantren murah. Cuma katanya, tidak ada yang murah. Mahal semua. Tapi yang saya tangkap, kenapa kok corongnya selalu ke pesantren kelas atas.

(Baca Juga : Haramnya Demonstrasi)

In the end, saya tidak bisa kasih solusi melainkan cukup sekolahkan di sekolah negeri atau swasta yang terjangkau. Beliau sudah ada bidikan sekolah murah. Tapi sepertinya masih sakit hati.

In the end of that end, beliau akhirnya memutuskan sekolahkan anaknya di sekolah murah bidikan tersebut, karena saya tidak berikan solusi nyantren.

In another end of the end of that end, beliau minta sarung Atlas Premium dari saya. Minta langsung begitu saja. Mungkin sebagai pelipur sakit hatinya.

Dari sini saya sudah tahu bagaimana mental rekan kita. Tapi saya tak mau deskripsikan di sini. Semoga Allah berkahi keluarga rekan kita ini.

Saya kini kadang menganggap keluhan 'mahal' nya suatu hal yang diinginkan, bukan karena mahal secara dzat, tapi mahal secara perspektif subjektif. Memang, di sana mungkin ada sesuatu yang mahal secara muttafaqun alaih. Tapi, kebanyakan hal, dihargai sesuai dengan kondisi hati.

Dulu, mbah saya, mbah Jaiz, yang nama saya ternisbatkan ke beliau rahimahullah, untuk sekolah di pesantren, harus kerja keras kumpulkan uang di pasar, lalu membiayai sendiri sekolahnya. Hingga beliau menjadi kyai kampung. Lalu ke depannya, beliau menafkahi 8 anak dan alhamdulillah tidak bermasalah.

Saya kiaskan dengan orang dan waktu. Ketika ia tidak memiliki manajemen waktu, visi dan misi masa depan dengan gamblang, maka waktunya banyak jadi recehan tak berharga. Dan ia kebingungan. Mau fokus pun tak bisa karena merasa terlalu banyak godaan.

(Baca Juga : Kapan Rasulullah Menangis?)

Ada orang berprestasi dan super produktif. Seolah ia punya nyawa banyak atau jasad berbilang. Padahal nyawanya cuma satu, jasadnya tunggal. Tapi yang menjadi pembeda adalah: manajemen waktu, visi dan misi ke depan. Jadwalnya padat tapi Allah berikan dia kemampuan menata dengan baik. Rapih dan mengalir.

Ada orang, yang kerjaannya sedikit, produksinya minim, tapi ngeluhnya seperti orang yang setiap hari keluarganya dibantai di depan matanya. Kesannya menderita. Kesannya terbebani banyak. Kesannya semesta tidak ada yang berpihak padanya. Padahal, musuhnya adalah dirinya sendiri. Ia tak bisa mengatur waktu. Tidak ada pandangan ke depan. Tidak ada misi tertentu dan cita-cita.

Abdullah bin Mas'ud, betisnya tipis, kurus dan pernah ditertawai sebagian sahabat karena bagian fisik itu, tapi Nabi kabarkan, mizan untuk betisnya itu lebih besar dari gunung-gunung.

Yang lebih utama, Nabi Ya'qub hingga tak bisa melihat, namun yakin pada Allah suatu kala akan bertemu dengan anak kesayangannya, Nabi Yusuf.

Adapula Waraqah bin Naufal, yang sesumbar di hadapan Nabi Muhammad di awal masa wahyu turun, sekiranya beliau hidup di masa dakwah Nabi dan masih mampu, beliau akan membela mati-matian dakwah beliau. Dan Waraqah saat itu berbicara dalam keadaan tua sekali dan mata beliau buta!

Jadi, kita tidak layak menyimak banyak keluhan orang yang tidak memiliki ketinggian himmah lalu terhasut akannya. Silakan dengarkan, lalu berikan nasehat agar bangkit.

Orang yang rendah cita-citanya, hanya akan mencela orang sukses, karena tidak iba padanya, tidak membantunya dan kesannya tidak peduli padanya. Padahal sendirinya tidak memberikan apapun kecuali keluhan.

Kembali ke masalah pesantren, mungkin sebagian pemrotes merasa mengerti keuangan, pendidikan, biaya bangunan, pajak dan seterusnya. Tapi alangkah bijaknya kita melihat diri kita, kira-kira siapkah kita disidak untuk mempresentasikan idealisme kita akan harga merakyat untuk go international lalu menjadi king for a month untuk pesantren-pesantren mahal?

(Baca Juga : Ilmu Sebelum Berdakwah)

Kalau sebatas go RT atau go Lurah, maka sebaiknya simpan saja keluhan atau protesnya. Idealisme kita kadang kurang appropriate jika diintegrasikan di lahan lain, yang lebih besar atau lebih berkelas.

Sebaiknya kita lebih banyak lagi memproduksi karya yang bermanfaat, baik karya lisan, tulisan, fikiran dan tenaga, daripada memproduksi banyak pisau dapur. Karena yang disebut terakhir itu, hanya laris di tangan emak-emak, bukan di tangan rijal.

Tulisan Al-Ustadz Hasan Al-Jaizy, Lc hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=2853894044651962&id=100000941826369

Udzur Bagi Da'i

Udzur Bagi Da'i
Berulang kali panitia tematik menawarkan jemputan, dan berulang kali itu pula kami berterima kasih atas kebaikan mereka dan mengatakan bahwa kami bisa datang sendiri. Lha ya wong orang tua kami datang ke kajian sebagai Pemateri dengan angkot. Selain itu pula, kami punya motor pribadi.

Kecuali sekali saat itu, kami sedang letih, maka terima tawaran tersebut. Khawatir oleng naik motor.

(Baca Juga : Benarkah Allah Tertawa?)

Kendatipun begitu, sama sekali saya pribadi tidak pernah berburuk sangka pada pemateri yang minta dijemput. Ada dai alim dan masyhur yang relatif bagi kami kediamannya tak begitu jauh dari lokasi, tapi selalu minta dijemput panitia. Tapi karena saya tahu, betapa tidak ringan kondisi fisik jika padat jadwal, maka selalu saya husnuzhan. Ditambah faktor U.

Jika Anda mendapatkan dai berusia tua rela naik motor jauh ke kajian, maka saran saya jangan bersangka negatif pada yang muda naik mobil. Setiap mereka mungkin beda kondisinya. Tidak mesti yang naik motor atau angkot berarti zuhud, dan tidak mesti yang naik mobil berarti sok tajir atau manja.

Saya pernah berguru pada seorang ustadz yang tidak pernah ke taklim kecuali naik Kopaja atau Metromini. Suatu saat, saya duduk di samping guru saya inu, sembari bertanya kenapa beliau tidak naik motor atau mobil pribadi. Tak disangka, rupanya beliau memiliki kekurangan di mata. Jika mengendarai  motor atau menyetir mobil, matanya tidak bisa fokus. Bahkan kata beliau, jika bermotor, matanya seperti mau keluar dari tempatnya. Para dokter melarang itu.

Ada pula sebagian dai memilik asisten yang mengatur jadwal. Saya kerap menerima keluhan sebagian panitia atau DKM untuk kajian yang tidak akbar, yang intinya: sulit undang beliau-beliau ini. Maka saya katakan bahwa belum tentu itu memang dai nya yang pilah pilih. Besar kemungkinan itu keputusan asisten pengatur jadwal.

Saya pribadi, tak ada asisten. Team saya atur, tidak sebaliknya. Tapi kendatipun begitu, siapapun Pemateri atau tokoh yang diatur jadwalnya oleh asisten tidak saya katakan macam-macam. Kenapa?

Karena padatnya jadwal mengajar, urusan keluarga dan ini itu, bukan hal yang semua orang bisa menatanya sendirian. Sehingga butuh asisten.

Mungkin dulu, saya (atau mungkin juga Anda) kadang suka jelek persangkaannya karena melihat kehidupan, gaya hidup dan cara berkomunikasi dai tertentu setelah melihat sekilas. Lalu menyimpulkan di hati bahwa beliau begini begitu. Padahal bisa jadi ada alasan yang jika kita berada di posisinya, boleh jadi kita lebih dari beliau itu.

(Baca Juga : Lulusan Universitas Al-Azhar Mesir)

Ada dai yang hobi motoran, lalu punya motor yang masya Allah. Kalau hobi, selama mubah, maka beliau memiliki porsi di dunia tersebut. Ada yang kemana-mana memakai motor cowok, sementara kita hanya memakai mocil, ringsek pula. Lalu kita simpulkan dai ini begini begitu secara negatif. Kesimpulan yang biasa terbit dari sikap menjadikan hidup kita, harta kita dan kemampuan kita standar untuk orang lain. Kalau kita miskin, maka orang yang kaya kita tuding. Kalau kita berkecukupan, kita anggap yang kaya itu sombong yang miskin itu culas. Kalau kita kaya, kita anggap yang miskin semuanya culas maka terima nasib.

Ada dai yang hobi sepedaan, sampai di rumah beliau ada beragam sepeda. Jika kita hitung semua harganya, wah itu bisa senilai gaji UMR 2 tahun alias 24 bulan! Saya pernah terima 'komplain' dari jemaah soal ini. Maka saya katakan, beliau ini punya hobi di dunia tersebut dan memang punya dana untuk itu.

Selama hobi itu mubah, sesuai dengan koceknya, maka kita yang belum mampu ke sana, sebaiknya kubur persangkaan jelek itu. Syukur dengan hobi mereka di salah satu urusan dunia, mereka masih hobi mengajar juga. Coba kita bercermin lebih detail lagi:

Jika kita memiliki harta dan hobi salah satu urusan dunia mubah, apa kita sebaik beliau-beliau ini? Sangat mungkin justru tidak. Mungkin kita akan luoa daratan. Kita akan sibuk di ikan cupang, sibuk di touring, sibuk di dagang/bisnis, sibuk di tambak atau area pemancingan, dan lupa kajian. Dulu rajin saat kere, kini mager saat tajir. Sangat mungkin kita begitu nantinya. Apalah lagi mau rela datang ke masjid atau sekolahan untuk mengajari orang, yang banyak tidurnya?!

Apalagi Jabodetabek, dengan penat dan padatnya jalanan. Kadang seseorang butuh - setelah dzikir - menuntaskan hobi duniawinya. Ada yang hobi berkebun, memelihara tanaman bonsai dan semisal itu. Demi menurunkan kadar efek penat, dia beli tanah luas demi menikmati itu. Lalu kita yang masih ngontrak dan beberapa kali diusir karena nunggak, kita jelekkan si tajir itu. Sombong, kata kita.

Padahal boleh jadi rasa itu hadir karena kita mengharapkan serpihan dunia dari si tajir, alias: "Perhatikan saya! Berikan saya sesuatu!" Jika tidak, berarti kamu sombong. Padahal si tajir tidak tahu apapun soal diri kita.

Iya.

Jika kita menakar hidup seseorang dari keduniaan, sembari menjadikan diri kita role model dan standar kebenaran hidup, kita akan hidup dengan bertemakan suuzhan setiap waktu. Jika melihat yang tajir begitu sombong, tapi melihat yang ekonominya di bawah kita, kita pun tak begitu peduli.

(Baca Juga : 16 Ayat Al-Quran Tentang Tata Surya)

Ingatlah, teman-teman, hidup dengan suuzhan itu lebih sempit dari hidup di penjara. Karena penjara itu masih ada space untuk bergerak. Sementara suuzhan itu hanya menyisakan ruangan sesempit hati kita yang kecil dan sempit ini.

Tulisan Al-Ustadz Hasan Al-Jaizy, Lc hafidzhahullah

Sumber : https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=2876607149047318&id=100000941826369

Teladan Ibnu Taimiyyah Memaafkan Musuhnya

Teladan Ibnu Taimiyyah Memaafkan Musuhnya
Teladan Ibnu Taimiyyah Memaafkan Musuhnya
👣 *TELADAN DARI ALIM RABBANI SYAIKHUL-ISLAM IBNU TAIMIYYAH DALAM MEMAAFKAN MUSUH-MUSUH DAKWAHNYA*

Beliau rahimahullah berkata:

Semua yang dituduhkan terhadap hak kami berupa kedustaan dan kepalsuan adalah kebaikan dan nikmat.

Allah berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِّنكُمْ ۚ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَّكُم ۖ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ لِكُلِّ امْرِئٍ مِّنْهُم مَّا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ ۚ  وَالَّذِي تَوَلَّىٰ كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kalian juga. Janganlah kalian kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kalian, bahkan ia adalah baik bagi kalian. Tiap-tiap seorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar. (QS.An-Nur:11)

(Baca Juga : Adab Pada Hari Jum'at Sesuai Sunnah)

Sungguh Allah telah menampakkan cahaya Al-Haq dan Hujjah yang membantah kedustaan sang pendusta dan kebohongannya.

Aku tidak ingin dimenangkan dari seorang pun disebabkan kedustaannya terhadapku atau kezhaliman dan permusuhannya. Sungguh aku telah menghalalkan (memaafkan) setiap muslim. Aku mencintai kebaikan kepada kaum muslimin, dan aku menginginkan kebaikan untuk setiap muslim sebagaimana yang aku cintai untuk diriku.

Dan orang-orang yang telah berdusta dan berbuat zhalim maka mereka berada dalam pemaafan dariku, adapun berkaitan dengan hak Allah maka jika mereka bertaubat maka Allah mengampuni mereka. Jika tidak, maka hukum Allah akan berlaku kepada mereka.

(Baca Juga : Perhatikan Izin Suamimu)

Kalau sekiranya seorang patut disyukuri atas perbuatannya yang buruk maka aku akan berterima kasih kepada setiap orang yang menjadi sebab dalam kasus ini, karena dengannya mengantarkan kepada kebaikan dunia dan akhirat. Akan tetapi, Allah-lah yang patut untuk disyukuri atas nikmatNya, anugrahNya, dan pertolonganNya yang mana tidaklah ditetapkan kepada seorang mu'min melainkan kebaikan baginya.

Dan orang yang memiliki tujuan yang baik maka mereka disyukuri atas tujuannya yang baik itu, dan orang yang beramal shaleh maka mereka disyukuri atas amalan shaleh mereka, dan orang yang berbuat kejelekan maka kami memohon kepada Allah agar mengampuni mereka.

📚(Majmu Al-Fatawa:28/55-56)

Semoga Allah menganugrahkan kepada kita hati-hati yang lembut yang mudah memaafkan.

(Baca Juga : Cara Mudah Tes Al-Quran Salah)

🗓11 Syawwal 1439
✍🏻Muhammad Abu Muhammad Pattawe,
🕌Darul-Hadits Ma'bar-Yaman.

Tulisan Al-Ustadz Abu Muhammad Pattawe hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=347259859136684&id=100015580180071

Taubat Kunci Kemenangan

Taubat Kunci Kemenangan
Taubat Kunci Kemenangan
Di dunia ini manusia berebut untuk mencari kemenangan, menang dalam harta, politik, kekuasaan, kedudukan, ilmu dan sebagainya. Mereka berbangga dengan kemenangan yang telah diraih.
Akan tetapi kemenangan yang hakiki adalah diselamatkan dari neraka dan dimasukan kepada surga.
Kekalahan, kerugian, ataupun mushibah yang menimpa kepada seseorang kadang disebabkan akan dosa-dosanya, oleh sebab itu solusinya mendapat kemenangan adalah dengan bertaubat kepada Allah SWT, kemudian diikuti beriman dan beramal shalih

Allah berfirman,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

“Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.” (QS. An-Nahl : 97)

Seseorang yang taubatnya diterima allah SWT kehidupannya menjadi bahagia, tenang, dan senantiasa mengingat Allah SWT, sebagaimana Allah berfirman

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS Ar Ra’du : 28)
Manusia merupakan makhluk yang memiliki dosa, maka Allah sebagai kemurahanNya memberi kesempatan untuk bertaubat.

(Baca Juga : Balasan Keimanan dan Amal Sholih)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

“Seluruh anak Adam berdosa, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat” (HR Ibnu Maajah no 4241, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

Maka solusinya bertaubat, Karena dosa-dosa seoranglah yang membuatnya sengsara, dan gagal di dunia dan akhirat. Ibadah yang agung,  pasti ganjarannya sangat besar adalah ampunan dan surga seperti  :

1. Pahala haji yang tidak rofat, diampuni dosanya.

Rasulullaah SAW bersabda :

«مَنْ حَجَّ لِلَّهِ فَلَمْ يَرْفُثْ، وَلَمْ يَفْسُقْ، رَجَعَ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ»

“Barangsiapa yangmengerjakan ibadah haji, dia tidak melakukan rofats dan tidak melakukan dosa, maka dia akan kembali dari dosanya seperti hari ketika dilahirkan dari ibunya”. (HR. Bukhari 1521)

2. Pahala Puasa,  Diampuni dosanya

Rasulullah SAW bersabda

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًاوَاحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan dasar keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (Muttafaqun alaih)

3. Sholat lima waktu, Sholat jumat dan Puasa ramadhan,  diampuni dosa

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسَةُ, وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ, وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ, مُكَفِّرَاتٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرُ

“Shalat yang lima waktu, shalat jumat satu ke shalat jumat selanjutnya, dari satu ramadhan ke ramadhan berikutnya, semuanya adalah penghapus dosa-dosa yang ada di antara keduanya, jika dosa-dosa besar dijauhi.” (HR. Muslim no.233)

Oleh sebab itu, Sebenarnya problem kita adalah masalah dosa, dan  solusinya dari berbagai problem yang dihadapi tersebut adalah beristighfar dan bertaubat. Nabi SAW beristighfar daan bertaubat setiap hari lebih dari 70 kali.

وَاللَّهِ إِنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي اليَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً»

“Demi Allah sesungguhnya aku beristighfar setiap hari lebih dari tujuhpuluh kali”. (HR Bukhari 6307)

Dosa mudah dilakukan mulai yang kecil hingga besar :
1. Dari pandangan dan penglihatan yang haram, apalagi dari media social
2. Dari perkataan, dusta, ghibah, mencela, memfitnah…
3. Dari malasnya ibadah, bakhil, kurangnya amar ma’ruf, nahi mungkar, berbakti orangtua, kurang bersyukur,
4. Malas membaca Qurán, tidak memahami dan mengamalkan.
Sungguh Allah sangat gembira dengan bertaubatnya seorang hamba, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَلَّهُ أَشَدُّ فَرَحًا بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ حِينَ يَتُوبُ إِلَيْهِ، مِنْ أَحَدِكُمْ كَانَ عَلَى رَاحِلَتِهِ بِأَرْضِ فَلَاةٍ، فَانْفَلَتَتْ مِنْهُ وَعَلَيْهَا طَعَامُهُ وَشَرَابُهُ، فَأَيِسَ مِنْهَا، فَأَتَى شَجَرَةً، فَاضْطَجَعَ فِي ظِلِّهَا، قَدْ أَيِسَ مِنْ رَاحِلَتِهِ، فَبَيْنَا هُوَ كَذَلِكَ إِذَا هُوَ بِهَا، قَائِمَةً عِنْدَهُ، فَأَخَذَ بِخِطَامِهَا، ثُمَّ قَالَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ: اللهُمَّ أَنْتَ عَبْدِي وَأَنَا رَبُّكَ، أَخْطَأَ مِنْ شِدَّةِ الْفَرَحِ

“Sungguh Allah lebih bergembira dengan taubat hambaNya tatkala bertaubat kepadaNya, daripada gembiranya salah seorang dari kalian yang bersama tunggangannya di padang pasir tiba-tiba tunggangannya tersebut hilang, padahal makanan dan minuman (perbekalan safarnya) berada di tunggangannya tersebut. Ia pun telah putus asa dari tunggangannya tersebut, lalu iapun mendatangi sebuah pohon lalu berbaring dibawah pohon tersebut (menunggu ajal menjemputnya-pen). Tatkala ia sedang demikian tiba-tiba tunggangannya muncul kembali dan masih ada perbekalannya, maka iapun segera memegang tali kekang tunggangannya, lalu ia berkata karena sangat gembiranya, “Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah hambaku dan aku adalah tuhanmu”
Ia salah berucap karena sangat gembiranya” (HR Muslim 2747)

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa memang diantara tujuan penciptaan manusia adalah Allah menjadikan mereka makhluk yg pasti berdosa agar mereka bertaubat, beliau berkata:

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَوْ لَمْ تُذْنِبُوا لَذَهَبَ اللَّهُ بِكُمْ وَلَجَاءَ بِقَوْمٍ يُذْنِبُونَ فَيَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ فَيَغْفِرُ لَهُمْ

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, kalau kalian tidak berdosa maka Allah akan menjadikan kalian sirna, lalu Allah akan mendatangkan suatu kaum yg mereka berdosa lalu mereka bertaubat kepada Allah lalu Allah mengampuni mereka” (HR Muslim no 7141)

(Baca Juga : Tawakkal Dengan Rezeki Allah)

Karenanya tidaklah mengherankan jika seorang hamba berdosa, akan tetapi jika ia tidak bertaubat maka itulah yang membuatnya tercela dan terpuruk. Namun jika ia kemudian bertaubat dan beristighfar maka mulialah dia….
Berikut ini diantara keutamaan dan faedah bertaubat dan beristighfar:

(1) Orang yg bertaubat meraih kecintaan Allah.
Allah berfirman

 إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri” (QS Albaqoroh : 222)

(2) Orang yang bertaubat didoakan oleh para malaikat agar diampuni, dilindungi dari adzab neraka dan dimasukan ke dalam surga. Allah berfirman :

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,

(3) Orang yg bertaubat ditambah rizkinya oleh Allah. Allah berfirman tentang perkataan Nabi Nuuh ‘alaihis salam kepada kaumnya:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا

“Aku (Nuuh) katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS Nuuh : 10-12)
“Ibnu Shubayh berkata :

شَكَا رَجُلٌ إِلَى الْحَسَنِ الْجُدُوبَةَ فَقَالَ لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. وَشَكَا آخَرُ إِلَيْهِ  الْفَقْرَ فَقَالَ لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. وَقَالَ لَهُ آخَرُ. ادْعُ اللَّهَ أَنْ يَرْزُقَنِي وَلَدًا، فَقَالَ  لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. وَشَكَا إِلَيْهِ آخَرُ جَفَافَ بُسْتَانِهِ، فَقَالَ لَهُ: اسْتَغْفِرِ اللَّهَ. فَقُلْنَا لَهُ فِي ذَلِكَ؟ فَقَالَ: مَا قُلْتُ مِنْ عِنْدِي شَيْئًا، إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُولُ فِي سُورَةِ” نُوحٍ”: اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُممْ إِنَّهُ كانَ غَفَّاراً. يُرْسِلِ السَّماءَ عَلَيْكُمْ مِدْراراً.

“Ada seorang lelaki mengeluhkan kepada Al-Hasan Al-Bashri tentang musim kering, maka Al-Hasan berkata kepadanya, “Beristighfarlah !”. Lalu ada lelaki yang lain mengeluhkan kepadanya tentang kemiskinannya. Maka Al-Hasan berkata, “Beristighfarlah !”. Lalu datang lelaki yang lain seraya berkata, “Doakanlah untukku agar Allah menganugerahkan bagiku anak”. Maka Al-Hasan berkata kepadanya, “Beristighfarlah !”. Lalu datang lelaki yang lain yang mengeluhkan akan kebunnya yang kering. Maka Al-Hasan berkata kepadanya. “Beristighfarlah !”.
Kamipun berkata kepadanya tentang jawabannya tersebut, maka Al-Hasan berkata, “Aku sama sekali tidak berpendapat dengan pendapat pribadi, sesungguhnya Allah berfirman dalam surat Nuh :
‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (Kisah ini disebutkan oleh AL-Qurthubi dalam tafsirnya pada tafsir surat Nuh, demikian juga An-Nasafi dan Fakhrurroozi dalam tafsir mereka)

(4) Orang yang bertaubat dari kemaksiatan yang dia lakukan maka keburukan-keburukannya akan dirubah oleh Allah menjadi kebaikan dan memperberat timbangan kebaikannya pada hari kiamat kelak. Allah berfirman :

وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ وَلا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلا بِالْحَقِّ وَلا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا (68) يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا (69) إِلا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا (70) وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَإِنَّهُ يَتُوبُ إِلَى اللَّهِ مَتَابًا (71)

Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina. Barang siapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertobat, beriman, dan mengerjakan amal saleh; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan orang yang bertobat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertobat kepada Allah dengan tobat yang sebenar-benarnya. (QS Al-Furqoon : 70)

(Baca Juga : Islam Teroris, Al-Quran Berbahaya)

(5) Taubat bukan hanya menghapuskan dosa-dosa, bahkan merupakan sebab masuk surga

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ يَوْمَ لا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS At-Tahriim : 8)

(6) Taubat merupakan sebab datangnya kemenangan. Allah berfirman :

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS An-Nuur : 31)

(7) Bertaubat menyebabkan terhalangnya adzab. Allah berfirman

وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun” (QS Al-Anfaal : 33)

(Rangkuman Tabligh Akbar Masjid Al Muqarabin Cawas, Klaten, 27 Juni 2019, Ustadz Dr. Firanda Andirja, MA)

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=10156401874464646&id=553739645

Doakan Anakmu yang Menuntut Ilmu

Doakan Anakmu yang Menuntut Ilmu
Doakan Anakmu yang Menuntut Ilmu
Lentera Da'wah:

Wahai Orang Tua,  Doakan Anakmu Yang Sedang Menuntut Ilmu

Hari2 ini, banyak orang tua mengantar anak2 mereka ke sekolah atau pesantren. Semoga sebagaimana sekarang kita bisa bergandengan tangan menuju taman surga dunia guna menimba ilmu agama,  kitapun kelak bisa bergandengan tangan menuju surga sesungguhnya.

Terkadang ada perasaan berat dan setengah tega meninggalkan anak untuk berada di penjara suci, karena mereka tidak bisa bebas seperti anak2 lain seusianya.

Tapi tak perlu kau tangisi mereka karena mereka bukan dalam musibah yg perlu kau tangisi. Justru yang perlu kau tangisi jika anakmu tak ngerti ilmu agama. Kita mestinya senang tatkala putra putri kita berada di jalan mulia dan jauh dari pergaulan yg hina.

(Baca Juga : Kepemimpinan Seorang Istri Akan Ditanya)

Yakinlah wahai orang tua bahwa perjuanganmu adalah untuk masa depan anak2 mu agar menjadi penyejuk hatimu di dunia dan bisa berkumpul kelak di surga bersama mereka.

Biarlah engkau dan mereka bersedih menahan kerinduan sementara agar mereka belajar kemandirian,  kedewasaan,  persahabatan dan menjadi manusia yg berilmu agama agar lurus agama dan berakhlak mulia.

Ibu dan ayah...

Jangan lupakan untuk menyelipkan untaian doa buat anakmu yg sedang berjuang mengejar surga dg ilmu agama.
Berikanlah motivasi dan dukunganmu untuk mereka, karena ketulusan tutur katamu begitu membekas memasuki relung hati mereka.

Imam Dzahabi menceritakan dalam biografi Imam Sulaim bin Ayyub ar-Razi, bahwa ketika masih kecil sekitar umur sepuluh tahun, dia belajar mengaji kepada sebagian ustadz di kampungnya.

(Baca Juga : Biografi Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat)

Sang ustadz mengatakan, “Maju dan cobalah membaca al-Qur’an.”

Dia (Sulaim bin Ayyub) pun berusaha semaksimal mungkin untuk membaca al-Fātihah, tetapi tidak bisa karena ada sesuatu pada lidahnya.

Sang ustadz lalu bertanya, “Apakah engkau punya seorang ibu?”

“Ya,” jawab Sulaim.

“Kalau begitu, mintalah kepada ibumu agar dia berdo’a supaya Allah memudahkan engkau untuk bisa membaca al-Qur’an dan meraih ilmu agama,” tutur sang ustadz selanjutnya.

Sulaim menjawab, “Ya, akan saya sampaikan pada ibuku.”

Maka setelah pulang ke rumah, dia menyampaikannya kepada ibunya, dan sang ibu lalu bermunajat dan berdo’a kepada Allah. Setelah itu, Sulaim menginjak masa dewasa dan berkelana ke Baghdad untuk menuntut ilmu bahasa Arab, fiqih, dan lain-lain.

Ketika dia pulang kembali ke kampungnya di Ray sedang menyalin kitab Mukhtashar al-Muzani di sebuah masjid, ternyata ustadznya yang dahulu datang seraya mengucapkan salam kepadanya. Namun, sang ustadz sudah tidak mengenal Sulaim lagi. Tatkala ustadznya mendengar salinan kitab tersebut dan dia tidak paham apa yang sedang dibaca, dia berkomentar, “Kapankah ilmu seperti ini bisa dipelajari?” Kata Sulaim, “Ingin sekali rasanya saya mengatakan padanya: ‘Jika Anda punya seorang ibu maka mintalah kepada ibu Anda agar mendoakan untuk Anda’, tetapi saya malu mengatakan hal itu.” (Siyar A’lāmin Nubalā’ 34/156–157 oleh adz-Dzahabi)

Kisah ini memberikan faedah bahwa doa orang tua—terutama seorang ibu—adalah mustajab (pasti terkabul).

Sebab itu, wahai saudaraku penuntut ilmu, janganlah pernah engkau hanya bergantung pada dirimu. Tetaplah engkau memohon pertolongan kepada Allah dan mintalah kepada orang tuamu agar mendo’akan untukmu.

Dan engkau wahai orang tua,  jangan lupa mendoakan anak2 mu agar betah di pondok dan dimudahkan memahami ilmu agama sehingga kelak menjadi anak-anak yg shalih dan shalihah.

Semoga Allah menganugerahkan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Amin.

(Baca Juga : Benarkah Allah Memiliki Sifat Lupa?)

Tulisan Al-Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=611575475912770&id=100011809698436

Manusia Disandera Jin?

Manusia Disandera Jin?
Manusia Disandera Jin?
Alkisah, dahulu ada seorang sahabat Anshar pergi untuk shalat Isya' lalu disandera oleh jin sehingga tidak diketahui kabarnya. Kemudian istrinya datang kepada Umar bin Khaththab seraya menceritakan kejadiannya. Umar lalu keluar bertanya kepada kaumnya dan mereka menjawab, “Benar, dia keluar untuk shalat Isya' kemudian menghilang.” Umar kemudian memerintahkan kepada sang istri agar menunggu selama empat tahun. Tatkala empat tahun telah berlalu, si istri datang kepada Umar lagi, lalu Umar membolehkannya untuk menikah dengan lelaki lain setelah menjalani masa ’iddah.

Setelah menikah dengan pria lain, suami pertamanya datang dan menuntut Umar, maka Umar mengatakan kepadanya, “Seorang di antara kalian pergi menghilang dalam waktu yang sangat lama sehingga istrinya tidak tahu apakah dia masih hidup ataukah tidak.” Pria itu menjawab, “Saya memiliki udzur, wahai Amirulmukminin.” Umar a\ bertanya, “Lantas apa udzurmu?” Dia menjawab, “Ketika saya keluar rumah untuk menunaikan shalat Isya', tiba-tiba para jin menyandera saya sehingga saya pun tinggal bersama mereka, kemudian mereka diserang oleh para jin muslim dan menawan beberapa tawanan termasuk saya, lalu mereka mengatakan, ‘Kami melihatmu adalah seorang muslim sehingga tidak boleh bagi kami untuk menawanmu.’ Lalu mereka memberi saya pilihan antara tetap tinggal di sana atau pulang ke keluarga saya, saya pun memilih pulang ke keluarga saya di Madinah dan tadi pagi saya telah sampai di kota ini. Begitu ceritanya.”

(Baca Juga : Kebijakan Saudi yang Dimaki)

Setelah mendengarkan kisahnya maka Umar memberikan pilihan kepadanya antara kembali kepada istrinya lagi dan antara mengambil maharnya. Pria itu mengatakan, “Saya tidak butuh lagi kepada istri saya karena dia sekarang sudah hamil dari suaminya.”
(Diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam Sunan Kubra 7/445, Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf 7/86 dan Abdullah bin Ahmad dalam Masā'il-nya no. 346. Atsar ini dishahihkan oleh al-Albani dalam Irwā'ul Ghalīl 6/150. Lihat pula Fathul Mannan hlm. 312 oleh Syaikh Masyhur Hasan dan Mā Shahha min Atsar Shahābah 3/1078 oleh Zakaria al-Bakistani).

Di antara fiqih (pemahaman) atsar ini adalah bahwa jika ada seorang istri ditinggal pergi oleh suaminya sehingga tidak ada berita tentangnya—apakah masih hidup atau sudah meninggal dunia—maka dia menunggu selama empat tahun kemudian memulai masa ’iddah empat bulan sepuluh hari, lalu boleh setelah itu untuk menikah dengan pria lain.

(Baca Juga : Membuat Orang Lain Bahagia)

Dan ada pendapat lain yang cukup kuat bahwa masa menunggu wanita yang ditinggal hilang suaminya diserahkan kepada keputusan pemimpin (baca: pengadilan agama) dan ini yang dikuatkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin dalam asy-Syarh al-Mumti’ 13/373–374.

Tulisan Al-Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=612431725827145&id=100011809698436

Poin Penting Dalam Berdakwah

Poin Penting Dalam Berdakwah
Poin Penting Dalam Berdakwah

#RINGKASAN
#Kitab_الدعوة_إلى_الله_وأخلاق_الدعاة

الحَمدُ لِلهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللهِ وَعلَى آلهِ وَصَحْبهِ وَمَن تَبِعَهُم بِإِحسَانٍ إلَى يَومِ الدِّينِ، أَمَّا بَعدُ :

As-Syaikh Al-‘Allamah Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu Ta’ala menjelaskan beberapa point penting untuk para da'i dan thalibul ilmi dalam berdakwah, yaitu :

1.     Hukum berdakwah
2.     Keutamaan berdakwah
3.     Cara menyampaikan dakwah
4.     Tujuan berdakwah
5.     Akhlaq dan sifat seorang da’i

(Baca Juga : Cara Mudah Agar Allah Mencintai Kita)

Pertama. hukum berdakwah adalah wajib, sebagaimana firman Allah Ta’ala :

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”. (Qs. Ali Imran : 104)

Dan firman Allah Ta’ala :

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. (Qs. An Nahl : 125)

Kedua. Keutamaan berdakwah, terdapat banyak keutamaan bedakwah sebagaimana dalam Al-Quran dan Hadits- hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam. Diantaranya :

Firman Allah Ta’ala :

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?.”(Qs. Fusshilat : 33)

Sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam :

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى، كَانَ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ، لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا، وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلَالَةٍ، كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ، لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

“Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk (kebaikan), maka baginya pahala semisal dengan orang yang melakukannya, tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang diperoleh orang yang melakukan tersebut, dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan, maka baginya dosa yang semisal dengan orang yang melakukan dosa tersebut, tanpa mengurangi sedikitpun dari dosa yang diperoleh orang yang melakukan tersebut”. (HR. Muslim no. 2674 dari Abu Hurairah radiyallahu anhu)

(Baca Juga : 24 Ayat Al-Quran Tentang Bertaubat)

ketiga. Cara menyampaikan dakwah, disebutkan oleh Allah dalam Al Quran, diantaranya adalah :

firmanNya :

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. (Qs. An Nahl : 125)

Dan firman Allah Ta’ala :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلْقَلْبِ لَٱنفَضُّوا۟ مِنْ حَوْلِكَ فَٱعْفُ عَنْهُمْ وَٱسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى ٱلْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُتَوَكِّلِينَ

“Maka disebabkan rahmat dari Allah lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”. (Qs. Ali Imran : 159)

Keempat. Tujuan dakwah, Syaikh menyebutkan tujuan berdakwah, diantaranya yaitu :

1. Mengeluarkan manusia dari kegelapan syirik menuju cahaya islam dan sunnah.
2. Membimbing manusia menuju Al Haq.
3. Menyelamatkan manusia dari api neraka.
4. Mengeluarkan manusia dari kebodohan menuju ilmu pengetahuan.
5. Mengajak manusia untuk ta’at kepada Rabbnya dan mengikuti Nabinya shallallahu alaihi wasallam.

Firman Allah Ta’ala :

اللَّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُوا يُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّور

“Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman)”. (Qs. Al Baqarah : 257)

Kelima. Sifat dan akhlaq yang harus dimiliki seorang da’i, diakhir pembahasan kitab Syaikh yang mulia menyebutkan tentang akhlaq dan sifat seorang da’i, diantaranya :

1. Harus ikhlas dalam berdakwah.
2. Jelas yang akan didakwahkan berdasarkan ilmu.
3. Lemah lembut dalam berdakwah.
4. Sabar dalam berdakwah dan menghadapi rintangan di medan dakwah.
5. Harus mengamalkan apa yang dia dakwahkan.
6. Mendoakan orang-orang yang didakwahi agar mereka mendapatkan hidayah dan istiqamah diatasnya.

ini merupakan ringkasan dari kitab “ad-da’wah ila Allah wa akhlaqu ad du’at”.

(Baca Juga : 27 Ayat Al-Quran Tentang Orang Kafir)

Semoga bermanfaat bagi penulis, pembaca dan para da’i serta kaum muslimin. waAllahu a'lam

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

#Semoga_Allah_merahmati_Syaikh_Bin_Baz
📝@/Solo/03/03/2017 M

Tulisan Al-Ustadz Muhammad Alif, Lc hafidzhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=456450028257998&id=100016790144202